Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CEGAH PENYAKIT: DKI Siap Bangun Rumah Penampungan Hewan Liar

"Selama ini sudah ada penampungan hewan liar. Tetapi kapasitasnya masih kecil, dan ada di Pasar Minggu. Makanya kami perlu membangun satu shelter yang sanggup menampung ribuan hewan sekaligus,"
Chiko/Istimewa
Chiko/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membangun penampungan hewan liar di Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur.

"Selama ini sudah ada penampungan hewan liar. Tetapi kapasitasnya masih kecil, dan ada di Pasar Minggu. Makanya kami perlu membangun satu shelter yang sanggup menampung ribuan hewan sekaligus," ujar Kepala Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan (DKKPKP) Darjamuni di Balai Kota, Selasa (13/10/2015).

Menurut Darjamuni, untuk sementara pihaknya akan membangun satu penampungan hewan liar. Dia merencanakan agar nantinya setiap wilayah di DKI memiliki rumah penampunganh hewan liar.

"Idealnya memang di setiap wilayah ada penampungan hewan, tetapi tidak mungkin kan, lahan di Jakarta harganya mahal sekali," sambung Darjamuni.

Dia belum bisa menyebutkan jumlah anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan rumah penampungan hewan liar tersebut karena rencana ini masih dalam kajian.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan Pemprov DKI akan menampung baik kucing ataupun anjing liar dalam satu rumah penampungan hewan.

Menurut Djarot, penampungan ini bertujuan untuk mencegah penyebaran penyakit menular hewan.

"Kalau mau bebas dari rabies ya harus dikerjakan seperti itu. Jadi, selain hewannya jadi terawat dengan baik, masyarakat juga merasa nyaman dan aman," ujar Djarot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper