Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENERTIBAN KALIJODO: Judi, Narkoba, Prostitusi, HIV

Hari-hari warga Jakarta dalam dua pekan terakhir ini diusik Kalijodo, kawasan yang selama puluhan tahun menjadi lokalisasi prostitusi, pusat hiburan malam, dan perjudian kelas teri di Ibu Kota.
Suasana di Kalijodo/ ANTARA FOTO-Muhammad Adimaja
Suasana di Kalijodo/ ANTARA FOTO-Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA - Hari-hari warga Jakarta dalam dua pekan terakhir ini diusik Kalijodo, kawasan yang selama puluhan tahun menjadi lokalisasi prostitusi, pusat hiburan malam, dan perjudian kelas teri di Ibu Kota.

Kawasan seluas 1,6 hektare yang berada di tepian muara Sungai Ciliwung itu tidak hanya menjadi buah bibir banyak warga, juga berhasil mencuri perhatian media massa berkat tekad bulat Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) untuk mengembalikan fungsinya sebagai jalur hijau.

Menyeruaknya popularitas wilayah yang terletak di perbatasan Jakarta Utara dan Jakarta Barat ini tak dapat dipisahkan dari kasus kecelakaan mobil di Jalan Daan Mogot KM 15 pada 8 Februari 2016 pagi yang menewaskan empat orang.

Sebelum terjadinya kecelakaan fatal tersebut, Riki Agung Prasetyo, anak muda berusia 24 tahun yang mengendarai mobil naas bernomor polisi B201RFD itu, sempat mampir ke pusat hiburan Kalijodo bersama beberapa orang temannya.

Sejak kejadian itulah, nama kawasan yang kini dihuni 3.052 orang warga itu mengisi pemberitaan berbagai media massa Tanah Air. Bagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, tak ada opsi lain kecuali menertibkan Kalijodo guna mengubah kondisinya yang ada saat ini menjadi jalur hijau.

"Kita tahu semua di Kalijodo ada tiga yang menonjol di samping prostitusi. Ada kriminalitas, narkoba, perjudian. Sekalian akan kita ubah fungsinya kembali menjadi jalur hijau," kata Wagub DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat baru-baru ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Selanjutnya
Persuasif
Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper