Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Vakum 2 Tahun, Jakarnaval Kembali Digelar Untuk Promosikan Asian Games 2018

Acara ini akan melibatkan sebanyak 4.000 peserta pawai yang meliputi karnaval seni dan budaya serta parade sebanyak 70 kendaraan hias dari berbagai komunitas dan instansi lintas sektoral.
Beberapa merchandise Asian Games 2018./Reuters-Willy Kurniawan
Beberapa merchandise Asian Games 2018./Reuters-Willy Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menghidupkan kembali acara Jakarnaval yang sempat vakum selama dua tahun.

Pemprov DKI Jakarta akan menggelar acara Jakarnaval pada Minggu (8/7/2018) mulai pukul 15.30 WIB sampai dengan 18.00 WIB di kawasan Monumen Nasional (Monas).

Acara ini akan melibatkan sebanyak 4.000 peserta pawai yang meliputi karnaval seni dan budaya serta parade sebanyak 70 kendaraan hias dari berbagai komunitas dan instansi lintas sektoral. Selain itu, atraksi utama acara ini adalah pasukan pembawa bendera 45 negara peserta Asian Games 2018 yang didampingi oleh Abang-None Jakarta.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menjelaskan bahwa acara ini merupakan puncak Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta. Adapun acara ini bertujuan untuk mempromosikan Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018.

Tema Jakarnaval kali ini adalah The Spirit of Jakarta yang merupakan cerminan dari kesiapan Jakarta menjadi tuan rumah bagi dua perhelatan olahraga akbar Asia ini.

“Ini adalah jawaban kami terhadap [tantangan] yang diberikan Presiden Joko Widodo untuk memeriahkan Asian Games 2018. Tantangan yang terus didengungkan untuk meningkatkan demam Asian Games 2018," katanya dalam konferensi pers di Balaikota, Jakarta Pusat, Rabu (4/7).

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Tinia Budiati menyampaikan Jakarnaval tahun ini berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Tahun ini, kami khusus membawa semangat kesuksesan Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018. Tahun ini adalah tonggak sejarah baru bagi Jakarta dan sebagai tuan rumah sudah menjadi kewajiban kami untuk mempromosikannya,” paparnya.

Pawai Jakarnaval 2018 akan terbagi menjadi dua rute. Pertama, pawai dengan berjalan kaki akan dimulai dari depan Balaikota, mengitari Patung Arjuna Wijaya, melewati Kantor RRI, dan berakhir di Sisi Barat Silang Monas.

Kedua, pawai kendaraan hias akan dimulai dari depan Balaikota Jakarta, mengitari Patung Arjuna Wiwaha, melewati kantor RRI, kemudian berakhir di Harmoni.

Pawai ini akan dilepas oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Selepas pawai, Jakarnaval 2018 akan dilanjutkan dengan acara panggung hiburan di Monas yang menampilkan sejumlah artis ternama Tanah Air seperti The Dance Company, Rizky Febian, Siti Badriah, Dipha Barus, Budi Doremi, NAFF, dan lain-lain.

Pembukaan Jakarnaval 2018 akan dihadiri oleh Duta Besar Negara Peserta Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018, Gubernur  DKI Jakarta, Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, para Walikota dan Bupati Kota/Kabupaten Administratif Provinsi DKI Jakarta. Selain itu, acara ini akan dihadiri oleh Ketua INASGOC, Ketua INAPGOC, dan berbagai tokoh masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper