Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BAN PECAH DI ANCOL: Tukang Tambal Siap Ditelepon

JAKARTA--Bagi anda yang mengalami ban bocor atau kerusakan mesin kendaraan di dalam Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, jangan panik.Karena beberapa teknisi dan tukang tambal ban panggilan berkeliaran setiap harinya di dalam Ancol. Anda tidak perlu mendorong

JAKARTA--Bagi anda yang mengalami ban bocor atau kerusakan mesin kendaraan di dalam Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, jangan panik.Karena beberapa teknisi dan tukang tambal ban panggilan berkeliaran setiap harinya di dalam Ancol. Anda tidak perlu mendorong mobil atau menuntun motor keluar komplek Ancol.Yang perlu anda lakukan adalah bertanya kepada petugas keamanan terdekat dan ceritakan masalah anda. Salah satu petugas keamanan yang ditemui Bisnis memberikan nomor telepon Wawan, salah satu dari sekitar empat orang teknisi panggilan Ancol.Melalui sambungan telepon kita bisa menceritakan masalah kepada Wawan agar dia mempersiapkan peralatan untuk membetulkan kendaraan anda. "Tunggu yah, sekitar 15 menit saya akan sampai sana," ujar Wawan.Wawan datang menggunakan sepeda motor dengan membawa sekotak peralatan montir. Dalam waktu tidak sampai 15 menit, dia sudah mengganti ban dalam belakang motor serta mengisinya dengan angin menggunakan pompa tangan."Saya jamin tekanan anginnya sama dengan pompa kompresor," ujarnya sambil menunjukan ukuran tekanan angin dengan menggunakan sebuah alat.Wawan bisa menambal ban, mengganti ban hingga melakukan perbaikan untuk kerusakan mesin ringan, baik untuk motor dan mobil. Harga yang dia berikan memang lebih mahal daripada bengkel tambal ban pada umumnya.Misalnya, untuk mengganti sebuah ban dalam motor dia mengenakan harga Rp50.000, lebih tinggi dari bengkel lain yang biasa mengenakan Rp25.000--Rp30.000. Namun, bagi pengunjung yang mengalami musibah pecah ban, sedikit mengeluarkan uang lebih banyak tentu tidak jadi masalah.Pria yang sudah enam tahun bekerja informal di dalam Ancol ini mengandalkan petugas keamanan dalam memasarkan jasanya. Dia pernah mengalami manis dan pahitnya bekerja di dalam Ancol, termasuk dicurigai oleh pengunjung sengaja membocorkan ban."Saya pernah dituduh berkomplotan dengan satpam agar bisa dapat pasien tambal ban. Kalau sudah dapat perlakuan seperti itu, saya langsung tinggal dan tidak mau membetulkan meski dibayar mahal," ujarnya. (if)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper