Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JAKARTA: Naiknya debit sungai Ciliwung pada Minggu (23/12) sore  telah menyebabkan banjir di beberapa daerah di sepanjang Sungai yang membelah  Jakarta tersebut. 
 
Selain itu, hujan di wilayah Bogor juga menyebabkan banjir di Sungai Pesanggrahan, meski belum ada laporan mengenai korban. 
  
Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), mengatakan laporan sementara hingga Senin (24/12) pukul 11.00 WIB tercatat 2.425 rumah dengan 7.307 jiwa terendam banjir. 
 
“Diperkirakan jumlahnya akan bertambah,” ujarnya dalam keterangan yang diterima Bisnis, Senin (24/12). 
 
Lebih rinci dia menjelaskan banjir terjadi di 10 kecamatan yang meliputi 16 kelurahan, 36 RW, dan 58 RT. Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur adalah daerah yang terparah terkena banjir. 
 
“Terdapat sekitar 1.508 kepala keluarga (KK) atau 3.426 jiwa yang tersebar di 8 RW terendam banjir hingga ketinggian 30-250 cm,” jelasnya. 
 
Adapun di  Kelurahan Cawang, Kecamatan  Kramatjati terdapat 410 KK atau 1.450 jiwa terendam banjir dengan  ketinggian 30-120 cm. Di Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas terdapat 464 KK atau 2.320 jiwa yang terendam banjir antara 100-200 cm. 
  
Lebih rinci 16 kelurahan yang mengalami banjir adalah Bidara Cina, Kampung Melayu, Cawang, Cililitan, Cibubur, Pekayon, Ulujami, Pondok Pinang, Bukit Duri, Baru, Pondok Labu, Sukabumi Selatan, Duri Kepa, dan Jelambar Baru. “BNPB dan BPBD DKI Jakarta telah mendirikan posko penanganan darurat dan dapur umum,” jelasnya. 
 
Bantuan logistik dan peralatan dari BNPB untuk Posko Kampung Melayu antara lain 30 dus lauk pauk, 25 box peralatan dapur, 50 buah tenda gulung, 45 buah kids ware, dan 72 buah sandang. Selain itu, juga ada 48 lembar selimut, 19 karung beras, 24 karung gula, 15 kg garam , 121 dus air mineral, 18 dus minyak goreng, 84 dus mie instan, dan 67 dus makanan siap saji. 
 
“Selain itu Kementerian PU, Tagana, PMI, TNI, Polri, beberapa organisasi masyarakat dan masyarakat juga memberikan bantuan dalam penanganan banjir,” jelasnya. (faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Dara Aziliya

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper