Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AHOK: Satpol PP Belajar dari Satpam Bank

BISNIS.COM, JAKARTA--Reformasi birokrasi Pemprov DKI kepemimpinan Jokowi-Ahok menyasar perangkat daerah tingkat kelurahan dalam hal pelayanan kepada masyarakat.Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mencatat kebiasaan buruk petugas Satuan Polisi

BISNIS.COM, JAKARTA--Reformasi birokrasi Pemprov DKI kepemimpinan Jokowi-Ahok menyasar perangkat daerah tingkat kelurahan dalam hal pelayanan kepada masyarakat.

Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mencatat kebiasaan buruk petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di kelurahan justru merokok dan main ponsel ketika pelayanan umum sedang ramai.

"Satpol PP tolong kalau di kelurahan ramai jangan rokok-rokok, SMS," katanya di Balai Kota, Kamis (18/4/2013).

Pekerjaan Satpol PP, sambung Ahok, harus diubah menjadi seorang pelayan masyarakat seperti satpam Bank yang dengan ramah senyum membukakan pintu nasabah, mengambilkan nomor antri dan membuat masyarakat nyaman. "Kalau tidak [seperti itu] kita ganti saja supaya lebih gampang."

Ahok berharap segala pelayanan kepada masyarakat dinomorsatukan dan mengedepankan transparansi. Di tingkat kecamatan dan kelurahan tidak ada lagi sistem kurang orang, segala macam pengurusan administrasi masyarakat dihubungkan secara online sehingga lebih mudah.

Sementara itu, Pemprov DKI tidak keberatan menggaji Camat dan Lurah dengan nilai fantastis Rp30 juta - Rp50 juta layaknya di perusahaan swasta asal bisa kerja dengan bagus serta tidak mengutip pungutan dari PKL dan sebagainya.

Menurut Ahok, PKL sulit ditata karena ada kutipan yang dibayar setiap hari. Kalau tidak ada praktek kutipan seperti itu otomatis dengan mudah PKL bisa ditertibkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper