Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PAJAK PENERANGAN JALAN: Wow, Sambungan Liar di Gresik Capai Ribuan

BISNIS.COM, SURABAYA–PT PLN Area Pelayanan dan Jaringan Gresik mengungkapkan pemasangan penerangan jalan umum (PJU) liar atau tanpa izin sambungan dari PLN di Kabupaten Gresik sangat marak.Manajer PT PLN Area Pelayanan dan Jaringan Gresik Hening

BISNIS.COM, SURABAYA–PT PLN Area Pelayanan dan Jaringan Gresik mengungkapkan pemasangan penerangan jalan umum (PJU) liar atau tanpa izin sambungan dari PLN di Kabupaten Gresik sangat marak.

Manajer PT PLN Area Pelayanan dan Jaringan Gresik Hening Kyat Pamungkas menyatakan di Kecamatan Sidayu dan Gresik saja terdapat 2.500 titik sambungan. Sedangkan Gresik memiliki 17 kecamatan, sehingga diperkirakan mencapai puluhan ribu titik.

“Wilayah kerja kami cukup luas dan penerangan jalan dibutuhkan masyarakat untuk menerangi lingkungan, maka kami perlu berkoordinasi dengan pihak Pemkab Gresik [untuk menertibkan PJU liar],” ujarnya, Kamis (2/5/2013).

Hening tidak merinci berapa kerugian PLN APJ Gresik per tahun akibat maraknya pemasangan PJU liar.

Menurut Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Gresik Yetty Sri Suparyati, kontribusi pendapatan dari pajak penerangan jalan (PPJ), baik PPJ PLN maupun PPJ non-PLN, merupakan yang terbesar terhadap total pendapatan dari 12 jenis pajak daerah yang ditargetkan mencapai Rp239 miliar tahun ini.

"Penghimpunan PPJ tahun ini ditargetkan Rp90 miliar,” tuturnya. (mfm)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Adam A. Chevny
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper