Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pulau Jawa Waspada Hujan dan Puting Beliung

BISNIS.COM, JAKARTA—Badan Meteorologi Klimatologi (BMKG) melaporkan adanya siklon tropis Yagi di Samudera Pasifik Barat sekitar 2.940 km sebelah utara timur laut Tahuna Sulawesi Utara menyebabkan angin di wilayah Indonesia tertarik ke arah siklon

BISNIS.COM, JAKARTA—Badan Meteorologi Klimatologi (BMKG) melaporkan adanya siklon tropis Yagi di Samudera Pasifik Barat sekitar 2.940 km sebelah utara timur laut Tahuna Sulawesi Utara menyebabkan angin di wilayah Indonesia tertarik ke arah siklon tropis itu.

Akibatnya angin di wilayah Indonesia sekitar ekuator dan bagian utara umumnya bertiup dari arah Selatan-Barat Daya. Sedangkan di selatan ekuator umumnya bertiup dari arah Timur-Tenggara dengan kecepatan antara 9-27 kilometer per jam.

Kemudian di sekitar terjadi belokan yang tajam arah angin dari Tenggara ke Utara-Timur Laut sehingga berkumpul awan dan menyebabkan hujan cukup merata di sekitar Jawa. “Kondisi demikian menyebabkan hujan disertai puting beliung masih cukup tinggi terjadi di Jawa,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Selasa (11/6/2013).

Masyarakat dihimbau tetap waspada ancaman banjir, longsor, dan puting beliung karena selama Januari-Mei 2013 terdapat 573 kejadian bencana hidrometeorologi yang mengakibatkan 253 orang meninggal dunia. Sebanyak 512.080 orang menderita dan mengungsi, 30.525 unit rumah rusak dan puluhan fasilitas umum seperti sekolah, rumah ibadah dan sbagainya mengalami kerusakan.

Dari total 573 kejadian bencana tersebut, banjir mendominasi yaitu 212 kejadian, kemudian puting beliung 195 kejadian dan longsor 138 kejadian. Tanah longsor  menyebabkan 115 orang meninggal dan banjir 94 orang meninggal. Banjir juga menyebabkan hampir 431.828 orang mengungsi dan menderita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Others
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper