Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HUT Jakarta, Candra Naya Batavia Festival Dibuka

BISNIS.COM, JAKARTA – Memperingati ulang tahun ke-486 Kota Jakarta, Candra Naya Batavia Festival digelar. Festival yang bertujuan melestarikan budaya Betawi itu digelar di cagar budaya Candra Naya, di kompleks Green Central City, Jalan Gajah

BISNIS.COM, JAKARTA – Memperingati ulang tahun ke-486 Kota Jakarta, Candra Naya Batavia Festival digelar. Festival yang bertujuan melestarikan budaya Betawi itu digelar di cagar budaya Candra Naya, di kompleks Green Central City, Jalan Gajah Mada, Jakarta Barat, selama 3 hari, 21-23 Juni 2013.

Budaya Betawi merupakan budaya mestizo, terbentuk karena percampuran dari berbagai pengaruh kekayaan budaya. Semisal, tanjidor, orkdes yang mendapat pengaruh kuat darii Belanda. Juga da gambang kromong, perkawinan seni dari Tiongkok.

Festival yang dibuka mulai pukul 10.00 hingga ditutup pukul 19.00 menyuguhkan ane kuliner khas Betawi, teater budaya Betawi, tarian barongsai, dan wushu pan guangyao laoshi. Juga ada angklung Mei Zou Sukabumi, tanjidor dan palang pintu, seni tari Betawi, ondel-ondel, pameran kaligrafi, dan lukisan kain sepanjang 30 meter. Para pengunjung dapat menikmat foto bergaya Tiongkok kuno dalam gerai pakaian Tionghoa dan mengikuti ramah tamah Koko dan Cici 2013.

Puncak acara yang berlangsung pada 23 Juni 2013 pukul 17.00 diisi penyusunan seribu bungkus bakcang replika Monumen Nasional oleh Koko Cici Jakarta melalui Bakcang Shake.

“Saya berharap festival ini dapat digelar setiap tahun agar dapat mengingatkan kembali sejarah budaya Betawi,” tutur Fatahillah, Wali Kota Jakarta Barat, saat mengunjungi pembukaan  Candra Naya Batavia Festival, Jumat (21/6/2013).

Candra Naya Batavia Festival didukung banyak lembaga swadaya masyarakat cinta budaya seperti Koko Cici Jakarta, Asosiasi Peranakan Indonesia Tionghoa, Perempuan Perhimpunan Tionghoa Indonesia, Gema Inti, dan Ikatan Pemuda Tionghoa Indonesia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper