Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Subsidi Pemudik Motor: Buruan, Kemenhub Bantu Angkut 43.800 Unit

Bisnis.com, JAKARTA  - Kementerian Perhubungan mengalokasikan subsidi untuk membantu para pemudik yang akan menggunakan moda angkutan sepeda motor pada Lebaran 2013 sebesar Rp25 miliar. "Subsidi itu menurut saya cukup realistis mengingat keterbatasan
Bambang Supriyanto
Bambang Supriyanto - Bisnis.com 11 Juli 2013  |  23:25 WIB
Subsidi Pemudik Motor: Buruan, Kemenhub Bantu Angkut 43.800 Unit

Bisnis.com, JAKARTA  - Kementerian Perhubungan mengalokasikan subsidi untuk membantu para pemudik yang akan menggunakan moda angkutan sepeda motor pada Lebaran 2013 sebesar Rp25 miliar.

"Subsidi itu menurut saya cukup realistis mengingat keterbatasan waktu untuk penyerapan anggaran," kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan Bambang S. Ervan dalam keterangan tertulis, Kamis (11/7).

Dia mengungkapkan Kemenhub awalnya mengajukan permohonan subsidi senilai Rp124 miliar untuk angkutan motor saat masa mudik Lebaran melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2013.

Namun, Komisi V DPR menyetujui subsidi Rp25 miliar yang terdiri atas Rp8,9 miliar untuk Perhubungan Darat, Rp7,4 miliar untuk Perhubungan Laut, dan Rp8,6 miliar untuk Perkeretaapian.

Dia memaparkan biaya untuk mengangkut sepeda motor dengan menggunakan kereta api adalah Rp250.000 per unit serta biaya operasi pengembalian kereta Rp200.000 per unit.

"Sehingga untuk mengangkut satu sepeda motor menggunakan kereta api, diperlukan biaya Rp450.000 per unit. Dengan anggaran Rp8,6 miliar, sebanyak 20.000 sepeda motor dapat diangkut," katanya.

Adapun alokasi untuk angkutan sepeda motor dengan menggunakan kapal laut diperkirakan menyerap anggaran sebesar Rp7,425 miliar. Dengan demikian, jumlah sepeda motor yang dapat diangkut sebanyak 23.800 unit dan 47.600 orang penumpang.

 Untuk transportasi darat, diperlukan biaya Rp1,4 juta untuk mengangkut satu sepeda motor dengan dua penumpang.

"Masih dihitung secara pasti berapa banyak sepeda motor yang dapat diangkut dengan truk," katanya.

Kemenhub mengimbau masyarakat bisa memanfaatkan subsidi tersebut guna menekan angka kecelakaan pemudik yang banyak melibatkan pengguna motor sehingga sebaiknya sepeda motor didaftarkan pada program mudik lebaran dengan kereta, kapal, dan truk.

Sebagaimana diberitakan, Kementerian Perhubungan meminta kepada seluruh dinas perhubungan di berbagai daerah agar selalu siap dalam menyukseskan kelancaran arus mudik yang akan dilakukan berbagai jenis angkutan pada Lebaran 2013.

"Dinas perhubungan harus melakukan berbagai antisipasi untuk menyukseskan terlaksananya angkutan Lebaran 2013 mendatang, termasuk di dalamnya menekan angka kecelakaan," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Suroyo Alimoeso.

Menurut Suroyo, untuk menekan angka kecelakaan selama mudik Lebaran, maka Dinas Perhubungan baik di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota juga harus memasang rambu-rambu yang jelas, marka jalan, hingga penerangan jalan di titik-titik tertentu. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

motor kemenhub pemudik motor
Editor : Bambang Supriyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top