Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ahok: Hanya 40% Camat & Lurah Berkinerja Baik

Bisnis.com, JAKARTA--Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyatakan hanya 40% lurah dan camat hasil lelang atau promosi jabatan berkinerja baik, selebihnya atau 60% berkinerja buruk."Dari 100% hasil lelang jabatan yang sudah kami terima,

Bisnis.com, JAKARTA--Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyatakan hanya 40% lurah dan camat hasil lelang atau promosi jabatan berkinerja baik, selebihnya atau 60% berkinerja buruk.

"Dari 100% hasil lelang jabatan yang sudah kami terima, hanya 40% yang bagus. Sisanya, 60% ternyata kinerjanya jelek," kata Ahok seperti dikutip Antara, Kamis (12/9/2013).

Meskipun demikian, lanjutnya, hasil tersebut bukan berarti para lurah dan camat bodoh, tetapi hanya kurang memahami konsep pelayanan kepada masyarakat.

"Bukan berarti mereka bodoh. Saya yakin mereka (lurah dan camat) pintar, cerdas. Hanya saja, mereka kurang mengetahui dan memahami seperti apa konsep pelayanan terhadap masyarakat yang baik. Lurah dan camat itu kan pekerjaan utamanya melayani masyarakat," ujar Ahok.

Dia juga menilai banyaknya camat dan lurah yang berkinerja buruk disebabkan kurangnya kepedulian terhadap masyarakat.

"Mereka sudah terlalu lama berada di zona nyaman sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), terlebih sebagai lurah atau camat. Makanya, mereka tidak lagi peduli terhadap masyarakat, dan masyarakat pun juga tidak merasa tersentuh oleh mereka," kata Ahok.

Dari hasil seleksi tersebut, Ahok menuturkan artinya, hanya sebanyak 40 persen camat dan lurah yang benar-benar mengerti konsep pelayanan masyarakat, sedangkan sisanya masih tidak terlalu paham.

"Setelah diadakan seleksi jabatan itu, kami berharap para camat dan lurah dapat memperbaiki kinerjanya, sehingga masyarakat dapat terlayani dengan baik, tidak ada lagi keluhan-keluhan terkait pelayanan," tutur Ahok.

Dia menambahkan bagi camat dan lurah yang kinerjanya masih kurang baik, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI masih memberikan kesempatan hingga akhir 2013 untuk meningkatkannya.

Rencananya, Pemprov DKI akan kembali menyelenggarakan seleksi jabatan untuk mendapatkan camat dan lurah yang kinerjanya lebih baik dibanding yang sebelumnya. (ra)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Sumber : newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper