Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wow...15 Juta Kendaraan Bermotor Sesaki Jakarta Setiap Hari

Pertumbuhan industri otomotif di dalam negeri berkontribusi besar menyumbang kemacetan di ibu kota.

Bisnis.com, JAKARTA--Pertumbuhan industri otomotif di dalam negeri berkontribusi besar menyumbang kemacetan di ibu kota.

Belum adanya pembatasan kendaraan, membuat puluhan ribu kendaraan baru menginjak aspal Jakarta setiap harinya. Bahkan, kini tercatat sebanyak 15 juta unit kendaraan bermotor ada di DKI Jakarta.

Untuk wilayah Polda Metro Jaya saja, setiap hari ada 75.000 pemohon yang mengajukan kendaraan baru.

"Sehingga dalam 3 tahun terakhir, kalau dihitung per tahun sekitar 1 juta kendaraan bermotor penambahannya,” ujar AKBP Sambodo, Wadirlantas Polda Metro Jaya seperti dikutip situs Pemprov DKI, beritaJakarta.com, Selasa (12/11/2013).

Menurut Sambodo, dari data yang dimiliki Ditlandas Polda Metro Jaya khusus wilayah DKI Jakarta ada kenaikan yang cukup signifikan dari 3 tahun lalu.

Jika pada tahun 2010 hanya ada 11 juta unit kendaraan bermotor, saat ini sudah tercatat 15 juta unit kendaraan bermotor ada di DKI Jakarta.

“Sementara penambahan jalan yang ada di ibukota tidak signifikan. Sudah pasti tidak sebanding dengan peningkatan jumlah kendaraan bermotor yang jalan,” tukasnya.

Dia menyebut, panjang jalan di Jakarta hanya 7.650 km dan luas jalan 40,1 km atau 0,26% dari luas wilayah DKI. Sementara pertumbuhan panjang jalan hanya 0,01 per tahun.

Hal ini dinilai tidak sebanding dengan tingginya angka perjalanan yang mencapai 22 juta per harinya.

"Jadi kemacetan yang parah akhir-akhir ini bukan dari sterilisasi, tapi jumlah kendaraan dan perjalanan di Jakarta semakin meningkat," tegasnya.

Sambodo mengatakan, peningkatan pemohon kendaraan juga harus diimbangi dengan kebijakan pembatasan penggunaan kendaraan pribadi.

"Melihat situasi sekarang dinilai sangat penting untuk segera diberlakukan peraturan tersebut. Sudah saatnya pemerintah pusat segera menerapkan aturan tersebut," ucapnya.  

Dengan jumlah kendaraan yang sudah mencapai 15 juta, imbuh Sambodo, kemacetan di Jakarta dipastikan akan semakin parah.

Selain timpangnya jumlah kendaraan dengan pertumbuhan ruas jalan, pertumbuhan penduduk di Jakarta juga cukup tinggi.

“Jumlah penduduk DKI Jakarta tercatat sebanyak 10 juta jiwa, dan kota Jakarta dengan luas sekitar 663 kilometer persegi menjadi wilayah terpadat penduduk di Indonesia,” tuturnya.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper