Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Atasi Banjir: Kapal Belanda akan Keruk Perairan Jakarta

Kedatangan kapal keruk HAM 310 menindaklanjuti kerjasama pemerintah Belanda dan Indonesia dalam mewujudkan pengamanan banjir di wilayah Jabodetabek

Bisnis.com, JAKARTA- Kapal keruk milik pemerintah Belanda, HAM 310 dengan International Maritime Organization (IMO) number: 8402606, akan membantu melaksanakan kegiatan pengerukan di perairan Jakarta.

Kapal keruk yang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok sejak Selasa (20/11/2013) itu kini sandar di dermaga 2 Jakarta Interternational Container Terminal (JICT).

Kedatangan kapal keruk HAM 310 itu menindaklanjuti kerja sama pemerintah Belanda dan Indonesia dalam mewujudkan pengamanan banjir di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya (bodetabek) yang terangkai dalam program pembangunan terpadu pesisir ibukota negara/national capital integrated coastal development (NCICD).

Perdana Menteri Belanda Mark Rutte menyatakan, program NCICD bisa mempercepat perlindungan dan penanganan banjir di wilayah DKI Jakarta.

"Program ini selain menguatkan wilayah pesisir dan menghentikan penurunan tanah, juga meningkatkan kualitas di sekitar wilayah tersebut," ujarnya disela kunjungannya ke kapal tersebut, di terminal 2 JICT pelabuhan Tanjung Priok, hari ini, Kamis (21/11/2013).

Untuk rencanan tujuan pembangunan jangka panjang, program NCID juga akan menyediakan tanggul laut terluar di Teluk Jakarta untuk melindungi kota dari ancaman banjir dan penurunan tanah.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan, alokasi dana program NCID akan disiapkan pemerintah setelah melalui kajian dari badan perencanaan pembangunan nasional 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper