Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pedagang Blok G Diimbau Aktif Kembangkan Usaha

Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Menengah,dan Perdagangan (KUMKMP) DKI minta para pedagang Blok G Tanah Abang untuk lebih aktif mengembangkan usaha.
/Bisnis
/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Menengah,dan Perdagangan (KUMKMP) DKI minta para pedagang Blok G Tanah Abang untuk lebih aktif mengembangkan usaha.

Kepala Dinas KUMKMP Joko Kundaryo menuturkan pembinaan para PKL yang telah direlokasi bukan menjadi tanggung jawab Dinas KUMKMP.

"Kalau sudah sampai di sana bukan kami back-up lagi, nanti enggak ada kelarnya dong. Tanggung jawab mereka. Berbisnis dengan kaidah bisnis di tempat itu harus kreatif. Kalau enggak, kami suapi melulu," ujarnya, Senin (14/4/2014).

Penyerahan pembinaan PKL, menurutnya, merupakan tanggung jawab PD Pasar Jaya selaku pengelola pasar.

Para PKL tidak perlu dilakukan pembinaan karena dinilai sudah mampu bertahan.

"Seperti PKL di Kaki Lima Night Market sudah banyak yang mandiri. Mereka butuh tempat jualan, tempat mereka tidak manusiawi, kami manusiawikan. Jualan untuk diri sendiri, bukan training. Kalau training gimana dagangannya," tuturnya.

Dia mengklaim, promosi dan acara kesenian yang pernah digelar di Blok G merupakan salah satu bentuk perhatian Pemprov DKI kepada para PKL.

Dinas KUMKMP, lanjutnya, saat masih melakukan pendataan jumlah PKL di DKI karena data yang dimiliki yaitu data pada 2005 sebanyak 300.000 PKL.

"Yang datang terus bertambah. Sekarang sedang kami data. Pendataan ini tidak mudah," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper