Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LIPUTAN DEMO BURUH: May Day, 600.000-an Buruh Kepung Jakarta

Pekerja/buruh sedunia hari ini (1/5/2014) memperingati Hari Buruh Sedunia (May Day).Ikuti perkembangan aksi demo buruh melalui Bisnis.com secara real time.
Live Timeline

Bisnis.com, JAKARTA - Pekerja/buruh sedunia hari ini (1/5/2014) memperingati Hari Buruh Sedunia (May Day) dengan berbagai aksi.

Di Tanah Air, peringatan may day juga diperingati dengan berbagai aksi, salah satunya aksi demo, yang dipusatkan di Jakarta, dimana diperkirakan ada sekitar 500.000 buruh dari 20 provinsi se-Indonesia dan 100.000 buruh se-Jabodetabek menggelar demo.

 

Menurut rencana, titik sasaran demo buruh akan berpusat di 3 titik yakni Bunderan Hotel Indonesia, Istana Negara dan Gedung DPR RI Senayan.

 

Berikut ini adalah laporan perkembangan aksi demo buruh melalui Bisnis.com secara real time.

23:36 WIB
Demo Buruh Berakhir Damai, Tanpa Ada Gejolak

Polda Metro Jaya mengklaim aksi buruh saat memperingati Hari Buruh Internasional pada hari ini (1/5/2014), berlangsung tanpa gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

 

"Situasinya berjalan kondusif tanpa ada gangguan di wilayah Jabodetabek," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Rikwanto. (ant/yus)

14:57 WIB
Tinggalkan Istana Negara, Buruh Menuju Gelora Bung Karno

Ratusan buruh, yang menggelar aksi di lokasi-lokasi strategis Jakarta, bergerak menuju Stadion Gelora Bung Karno sebagai bagian dari acara puncak peringatan Hari Buruh Internasional (May Day).

 

"Kami akan bergerak menuju GBK untuk pidato politik," kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia Said Iqbal di depan Istana Negara.(ant/yus)

12:52 WIB
Capres ARB, Jokowi Juga Diundang, Baru Prabowo Yang Pasti Hadir

Dari tiga calon presiden yang diundang hadir di Gelora Bung Karno, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia baru menerima konfirmasi kehadiran Capres Prabowo Subianto.

 

"Kami juga sudah mengundang capres PDI-P Joko Widodo (Jokowi)dan capres GolkarAburizal Bakrie. Namun baru Prabowo yang memastikan hadir," kata Presiden KSPI, Said Iqbal. (ant/yus)

12:36 WIB
Buruh Logam Bergerak Menuju Balai Kota Jakarta

Ratusan buruh dari Federasi Serikat Pekerja Logam, Elektronik, dan Mesin (FSP LEM) bergerak dari Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur, menuju Balai Kota DKI Jakarta.

 


"Kami menuju Balai Kota DKI Jakarta. Kami akan kembali berdemo disana," kata Surya, seorang buruh. (ant/yus)

12:30 WIB
Capres Prabowo Akan Berorasi Di Gelora Bung Karno?

Calon Presiden Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto dikabarkan akan didaulat memberikan orasi politik di depan massa buruh yang berkumpul di Stadion Gelora Bung Karno, kawasan Senayan.

 

Isyarat kedatangan Prabowo itu tertangkap dari pernyataan dukungan salah satu organisasi buruh terbesar di Tanah Air saat ini, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) terhadap pencapresan Prabowo, yang mendukung pencapresan Prabowo.

 

"Selama Prabowo bersedia menandatangani kontrak politik dengan kami, maka akan kami dukung," kata Presiden KSPI, Said Iqbal. (ant/yus)

12:19 WIB
Buruh Bandung Gelar Bakti Sosial Bersihkan Sampah

Berbeda dengan teman sejawatnya di Ibu Kota, buruh dari sejumlah perusahaan garmen di Kota Bandung memilih menggelar bakti sosial membersihkan sampah di kawasan Jalan Kawarang dan Jalan Jakarta, Kota Bandung.

 

Kegiatan yang digelar pagi hari itu diikuti para buruh dari pabrik garmen yang berlokasi di kawasan Kota Bandung, khususnya di kawasan Jalan Karawang dan sekitarnya.(ant/yus)

12:10 WIB
Ratusan Buruh Berorasi di Depan Gedung Grahadi Surabaya

Di Surabaya, ratusan buruh yang tergabung dalam Gabungan Serikat Pekerja Merdeka Indonesia (Gaspermindo) mengawali demo buruh di depan gedung Grahadi Surabaya.(ant/yus)

12:06 WIB
Buruh se-Jateng Tagih Janji Gubernur Ganjar Pranowo

Di Semarang, buruh dari berbagai organisasi pekerja se-Jawa Tengah menagih janji Gubernur Ganjar Pranowo untuk menyejahterakan buruh yang dituangkan dalam kontrak sosial sebelum menjadi orang nomor satu di provinsi ini.

Tuntutan tersebut disampaikan dalam aksi memperingati Hari Buruh Sedunia di Taman Budaya Raden Saleh Semarang.

"Hingga saat ini belum ada perubahan nasib buruh selama kepemimpinan Ganjar Pranowo," kata koordinator aksi Nanang Setiyono.(ant/yus)

11:59 WIB
Aksi Demo Juga Merebak di 20 Provinsi

Aksi demo buruh juga merebak di 20 provinsi. Beberapa diantaranya yaitu di Sumatra Utara, Aceh, Lampung, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi selatan, Kalimantan timur dan lainnya.

“Untuk di daerah, aksi difokuskan di kantor Gubernur masing-masing provinsi untuk menyuarakan tuntutan yang sama, ” kata Muhammad Rusdi, Sekretaris Jenderal Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) kepada Bisnis.com. (Ashari Purwo).

11:48 WIB
Jokowi: Ketimbang Uangnya Untuk Demo, Bagus Beli Ambulans

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menilai sebaiknya dana untuk demo di Hari Buruh digunakan untuk membeli ambulans.

"Dari pada biaya buat demo, mending buat beli ambulans, jadi kalau ada temannya yang sakit urunan, kok ini malah demo. Saya hanya menyampaikan lebih baik begitu, demo kan membutuhkan uang yang banyak," kata Jokowi di rumah dinas Gubernur DKI Jakarta, Jalan Taman Suropati No 7, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis.

Hal itu disampaikan Jokowi pada para buruh yang mendatangi kediamannya sejak pagi tadi.(ant/yus)

11:41 WIB
Transjakarta Tujuan Harmoni-Pulo Gadung Terganggu

Koridor 2 Bus Transjakarta tujuan Harmoni Central Busway-Pulo Gadung dialihkan.

Rute Harmoni-Pulo Gadung dialihkan ke Jalan Gunung Sahari. Halte Monas, Balaikota, Gambir 2, Kwitang, tidak dilewati.

Rute Express Pulo Gadung - Bunderan Senayan dan Kalideres - Bunderan Senayan tidak beroperasi akibat unjuk rasa yang berlangsung di sekitar Bundaran HI.

Koridor 1 jurusan Blok M-Kota untuk sementara berhenti beroperasi.(ant/yus)

11:33 WIB
10 Tuntutan Buruh: Hapus Outsourcing

Dalam peringatan tahun ini , buruh se-Indonesia mengajukan 10 tuntutan kepada Pemerintah Indonesia.

Ini rincian 10 tuntutan buruh se-Indonesia: Hapus outsourcing!

11:27 WIB
Puluhan Buruh Perempuan Temui Jokowi

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan dari puluhan massa buruh yang tergabung dalam Komite Aksi Perempuan (KAP) di rumah dinas Gubernur DKI.

Mereka telah menunggu di depan rumah dinas sejak pukul 07.00 WIB. , pada pukul 09.00 WIB Jokowi baru mempersilakan mereka masuk. (ant/yus)

11:18 WIB
Pukul 11.15 WIB, Buruh Masih Berorasi di Depan Istana Merdeka

Saat ini massa buruh masih berkumpul di depan Istana Negara. Usai berorasi di sini, massa buruh pada pukul 13.00 WIB akan meninggalkan Istana, untuk selanjutnya bergerak menuju Stadion Gelora Bung Karno.(Ashari Purwo)

10:57 WIB
Polda Metro Jaya Amankan Kawasan Industri Cakung & Pulogadung

Kasat Lantas Polres Jakarta Timur, Supoyo memimpin langsung pengamanan demo buruh di kawasan industri Cakung dan Pulogadung.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memback up pengamanan arus lalu lintas di dua kawasan industri tersebut.

10:46 WIB
3.000 Aparat Kepolisian Bersiaga di Istana Merdeka

Sebanyak tiga ribu aparat kepolisian disiagakan di sekitar Istana Merdeka Jakarta.

"Kami menyiagakan sebanyak 7.000 personel untuk mengamankan aksi unjuk rasa buruh dan sebanyak 3.000 personel di antaranya disebar di sekitar Istana Merdeka Jakarta," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Hendro Pandowo. (ant/yus)

10:32 WIB
Transjakarta Rute Blok M-Kota Setop Beroperasi

Koridor I Bus TransJakarta jurusan Blok M-Kota untuk sementara berhenti beroperasi menyusul aksi unjuk rasa di sekitar Bunderan Hotel Indonesia (HI).

Penutupan dilakukan sejak sekitar pukul 09.00 WIB dan akan dibuka saat kondisi sudah memungkinkan. (ant/yus)

10:28 WIB
Pukul 13.00 WIB Capres Dukungan Buruh Akan Sampaikan Orasi Politik

Selepas berorasi di depan Istana negara, pada pukul 13.00 WIB massa buruh akan bergerak menuju Stadion Utama Gelora Bung Karnoguna mengikuti gelaran May Day Fiesta.

Di sana, massa buruh akan mendengarkan orasi politik dari salah seorang calon presiden 2014. 

10:26 WIB
Dari Bunderan HI, Buruh Bergerak ke Istana Negara

Massa buruh dari berbagai elemen organisasi buruh berkumpul di Bundaran Hotel Indonesia (HI) sejak pukul 09.00 WIB, menggelar orasi dan segera long march menuju Istana Merdeka Jakarta.

Berdasarkan pantauan Antara di Bundaran HI, sejumlah elemen buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Gerakan Serikat Buruh Indonesia (GSBI), Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (GSPMI),Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (ASPEK) dan sejumlah elemen buruh/perkerja lainnya.

10:14 WIB
Ahok: Jangan Demo Saya, Demonya ke Menakertrans Dong

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meminta agar buruh tidak salah alamat ketika memprotes kenaikan upah minimum provinsi (UMP).

"Kalau KHL kecil mau menaikkan berapa komponennya, demonya jangan ke saya dong tapi ke Kemenakertrans," kata Ahok.

Hal tersebut dikatakan Ahok menanggapi salah satu tuntutan buruh yang menginginkan kenaikan UMP minimal 30%.
"Kita tidak bisa asal ngomong minta naik UMP seperti itu. Patokan kita kan KHL untuk kenaikan UMP," katanya.

Seperti diketahui, tuntutan buruh DKI Jakarta untuk UMP 2014 menjadi Rp3,7 juta belum terpenuhi. Pemprov DKI Jakarta menetapkan UMP Rp2.441.301 per bulan.

Permintaan kenaikan upah sebesar 68% ITU didasarkan pada lebih tingginya biaya hidup di DKI dibanding daerah lain yang hanya meminta kenaikan 50%.


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Yusran Yunus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper