Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BPN Jaksel Layani Roya Selesai Satu Jam

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jakarta Selatan yang memiliki program Pelayanan Sabtu Cepat atau disebut Pesat mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Diharapkan BPN di wilayah Jakarta segera mengikuti jejak pelayanan yang lebih praktis itu
BPN
BPN

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jakarta Selatan yang memiliki program pelayanan Sabtu cepat (Pesat) mendapatkan apresiasi dari masyarakat.

Diharapkan BPN di wilayah Jakarta segera mengikuti jejak pelayanan yang lebih praktis itu.

Warga Kuningan Jakarta Selatan Rully Prasetyanto mengatakan akhir pekan lalu mengurus roya yakni penghapusan/pencoretan tanggungan atas sebuah tanah/rumah dari sertifikat hanya membutuhkan waktu 1 jam.

Memang jika menggunakan notaris biayanya mencapai ratusan ribu sampai jutaan rupiah dan selesai dalam waktu cukup lama hingga seminggu. Setelah adanya pelayanan hari Sabtu, warga Jakarta Selatan tidak harus ambil cuti dari pekerjaan rutinnya.

"Inilah pelayanan birokrasi yang sesungguhnnya tidak harus berbelit, harus simpel, tidak ada ganjalan di setiap pengurusannya dan informasi harus tahu dimuka sehingga tidak harus bolak-balik karena masyarakat umumnya tidak semua paham soal tanah," katanya dalam testimoni yang dikutip Selasa (6/5/2014).

Kepala Kantor BPN Jakarta Selatan Gembong Joko Wuryanto mengatakan perbaikan layanan merupakan instruksi Kepala BPN RI nomor 1/Ins/II/2013 tentang Percepatan Pelaksanaan Program Strategis Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Tahun 2013.

Sebelumnya Kepala Kantor Wilayah BPN DKI Jakarta, Djamaluddin mengatakan pelayanan serupa akan terus ditingkatkan diwilayah lain di Jakarta. Dalam waktu dekat BPN Jakarta Pusat, BPN Jakarta Timur dan BPN Jakarta Utara juga akan memiliki fasilitas yang sama.

Dia berharap masyarakat juga turut berpartisipasi mensukseskan program tersebut. Bila ada oknum pegawai BPN yang bertindak curang agar segera dilaporkan agar ditindaklanjuti dengan pemecatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper