Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GAS METAN, Pemkot Tangerang Bagikan Bahan Bakar Gratis untuk Warga

Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Tangerang menyalurkan gas metan secara gratis bagi keluarga yang tinggal di sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing.
Kompor Biomassa /bisnis.com
Kompor Biomassa /bisnis.com

Bisnis.com, TANGERANG - Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Tangerang menyalurkan gas metan secara gratis bagi keluarga yang tinggal di sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing.

"Gas metan diberikan secara gratis kepada masyarakat melalui jaringan perpipaan dari TPA ke rumah warga sekitar," kata Wali Kota Tangerang Arief R.Wismansyah di Tangerang, Rabu (28/5/2014).

Dikatakan Arief, kedepannya gas metan ini akan terus dikembangkan sehingga nantinya masyarakat sekitar TPA Rawa Kucing bisa mendapatkannya secara gratis.

"Untuk saat ini, gas metan baru bisa disalurkan ke rumah penduduk yang jaraknya bersebelahan dengan TPA Rawa Kucing," katanya.

Gas metan ini dapat digunakan sebagai sumber bahan bakar untuk kebutuhan memasak warga sehari-hari. Dengan adanya gas metan maka dapat menghemat biaya pengeluaran warga karena biasanya per bulan harus mengeluarkan uang untuk beli gas elpiji.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Tangerang Ivan Yulianto menambahkan gas metan merupakan olahan dari tumpukan sampah yang diproses dekomposisi bakteri dan organik sehingga menghasilkan energi alternatif pengganti gas elpiji.

Proses penangkapan gas metan terlihat sangat sederhana yakni dengan instalasi perpipaan. Prosesnya diawali dengan pemasukan pipa diameter 12 inci kedalam tumpukan sampah dengan kedalaman sampai empat meter secara horizontal.

Selanjutnya, melalaui pipa - pipa vertikal, gas metan ditangkap dengan menggunakan blower yang kemudian dialirkan ke rumah - rumah penduduk di sekitar TPA Rawa Kucing.

Pemanfaatan gas metan berguna untuk mengendalikan terjadinya pencemaran udara secara berlebihan akibat CH4 (metan) yang keluar ke udara serta mengurangi efek rumah kaca.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Tangerang akan terus berinovasi dalam melakukan pengelolaan sampah di TPA Rawa Kucing.

Karena ke depannya apabila tidak di kelola dengan baik sampah akan menjadi masalah bagi Kota Tangerang dan kota lainnya. "Pemkot akan terus mengupayakan agar sampah yang ada di Kota Tangerang dapat dikelola dengan baik guna kepentingan masyarakat," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper