Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

September, Pemkab Bekasi Lelang Revitalisasi Pasar Cikarang

Pemerintah Kabupaten Bekasi berencana segera memulai revitalisasi Pasar Cikarang dengan mengumumkan lelang proyek tersebut pada September 2014.
Pasar tradisional/JIBI
Pasar tradisional/JIBI

Bisnis.com, CIKARANG-- Pemerintah Kabupaten Bekasi berencana segera memulai revitalisasi Pasar Cikarang dengan mengumumkan lelang proyek tersebut pada September 2014.
 
Kepala Seksi Perdagangan Dalam Negeri, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Mikro (Disperindagkop UKM) Kabupaten Bekasi, Kustanto, menuturkan revitalisasi pasar dijadwalkan pada tahun ini.
 
Tahap awal rencana itu, jelasnya, ditandai dengan pengumumuman lelang renovasi pasar yang paling lambat dilaksanakan minggu kedua September 2014.
 
"Revitali Pasar Cikarang akan dimulai pada September ini, diawali dengan pengumuman lelang," ungkapnya seperdi dikutip dari laman Pemkab Bekasi, Senin (1/9/2014).
 
Kustanto mengatakan sebenarnya beberapa waktu lalu proses lelang proyek tersebut telah dilaksanakan. Namun, lanjutnya, hanya satu perusahaan yang akhirnya mengajukan proposal di antara belasan peserta yang mendaftar. "Karena hanya satu perusahaan, terpaksa dilelang ulang."
 
Walaupun begitu, dia menjelaskan saat ini sudah ada legal opinion dari Kejaksaan Negeri Cikarang, yang isinya antara lain menetapkan jika peminat hanya satu perusahaan kegiatan revitalisasi akan tetap berjalan.
 
Kustanto menuturkan proyek revitalisasi direncanakan menggandeng pihak swasta melalui kerja sama BOT (Build Operation Transfer) dengan besaran investasi yang harus ditanamkan sekitar Rp500 miliar.
 
"BOT-nya bisa 15 bisa 20 tahun, tergantung nanti hasil lelang," tegas Kustanto.
 
Adapun, Pemkab Bekasi sudah merencanakan upaya revitalisasi pasar sejak dua tahun lalu. Sementara, keberadaan pasar makin terpinggirkan oleh tumbuhnya pusat-pusat perbelanjaan modern di sekelilngnya.
 
Di pihak lain, langkah revitalisasi ini menjadi harapan sejumlah pedagang di Pasar Cikarang, Kabupaten Bekasi, yang resah  menunggu dengan kondisi pasar sudah sangat tidak layak dan kumuh.
 
Pasar yang dibangun 20 tahun lalu itu belum pernah direnovasi pasca mengalami kebakaran beberapa tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper