Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KAI Akan Tertibkan Kawasan Kumuh di Sepanjang Rel

PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan merapikan sejumlah kawasan kumuh yang berada di kawasan rel dari Stasiun Kota hingga Stasiun Manggarai guna meningkatkan keselamatan pengguna kereta api di wilayah itu.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan merapikan sejumlah kawasan kumuh yang berada di kawasan rel dari Stasiun Kota hingga Stasiun Manggarai guna meningkatkan keselamatan pengguna kereta api di wilayah itu.

Direktur PT KAI Ignasius Jonan mengatakan penataan kawasan kumuh dilakukan dengan kerja sama Pemprov DKI Jakarta untuk kenyamanan pengguna kereta api. Langkah penataan dilakukan dengan memindahkan pemukiman di bawah rel dan kawasan stasiun ke tempat yang lebih layak sehingga terlihat rapi dan tidak kumuh seperti saat ini.

"Saat ini, kami melakukan kerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk penataan kawasan rel dan stasiun agar lingkungan stasiun menjadi rapi dengan harapan keselamatan dan keamanan penumpang lebih terjamin," katanya, Rabu (1/10/2014).

Jonan mengaku akan membicarakan lebih lanjut dengan Pemprov DKI Jakarta terkait dengan rencana membangun rusunawa sebagai ganti para penghuni di bawah rel kereta api dan di bawah stasiun. "Pembangunan rusunawa akan didetailkan lagi ke depannya, dan kami berharap saat ini lingkungan di sekitar stasiuan tidak kumuh lagi," katanya.

Sementara itu, Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Hermanto Dwiatmoko mengatakan penataan kawasan kumuh di sekitar stasiun dan rel sudah dalam proses dan secepatnya akan ditindaklanjuti oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Penertiban kawasan kumuh akan kami lakukan dengan sebaik-baiknya, dan harus dilakukan sesuai kesepakatan Pemprov DKI," katanya.

Ia berharap dengan adanya penataan kawasan kumuh di sekitar rel dan stasiun akan memperkecil kecelakaan kereta api dan menambah kenyamanan perjalanan kereta api

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper