Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkab Bekasi Optimistis Revitalisasi Pasar Cikarang dan Sukatani dimulai 2015

Pemerintah Kabupaten optimistis proyek revitalisasi Pasar Cikarang dan Pasar Sukatani, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, senilai Rp525 miliar dapat direalisasikan pada 2015.
Bisnis.com, CIKARANG - Pemerintah Kabupaten optimistis proyek revitalisasi Pasar Cikarang dan Pasar Sukatani, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, senilai Rp525 miliar dapat direalisasikan pada 2015.
 
Kepala Bidang Pasar, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Bekasi Feri Ferdian mengatakan saat ini tim lelang tengah melakukan evaluasi penawaran dari pihak swasta yang berminat.
 
Setelah pemda kembali melakukan pengumuman lelang pada akhir September lalu, dia menuturkan terdapat empat investor, dari enam yang mendaftarkan diri, yang akhirnya menyampaikan penawaran pada awal bulan ini.
 
“Sudah masuk penawaran dan lelangnya ditutup dengan menyisakan  4 perusahaan yang masing-masing bisa mendapatkan tugas revitaslisasi dua pasar itu,” ungkapnya kepada Bisnis, Selasa (25/11/2014).
 
Proyek renovasi dan pengembangan dua pasar tersebut sebenarnya direncanakan mulai berjalan pada tahun ini dengan pengumuman lelang yang dilakukan pada Desember 2013. Namun, dalam proses sebelumnya hanya terdapat  dua investor , dari delapan pendaftar, yang menyampaikan penawaran sehingga secara konstitusional penentuan pemenang proyek non-APBD itu tidak memungkinkan.
 
Feri mengungkapkan rencananya hasil evaluasi bagi penentuan peserta lelang akan diumumkan pada bulan depan. Selanjutnya tinggal menunggu persetujuan dan penetapan pemenang lelang dari kepala daerah dan DPRD Kabupaten Bekasi untuk ditindaklanjuti dengan penandatangan kontrak.
 
Dengan begitu, jelasnya, Pemkab Bekasi optimistis proyek revitalisasi yang telah diwacanakan sejak dua tahun lalu dapat dimulai pada 2015.
 
“Jika lancar, kalau memenuhi syarat, 2015 proyek sudah dimulai. Yang penting kualitas atau kemampuan investor,” ujarnya.
 
Proyek revitalisasi dua pasar tersebut dirancang dengan menggandeng pihak swasta melalui kerja sama BOT (Build Operation Transfer) dengan besaran investasi yang harus ditanamkan sekitar Rp500 miliar untuk Pasar Cikarang dan Rp25 miliar untuk Pasar Sukatani. Revitalisasi meliputi pengembangan kembali bangunan dan penataan lingkungan kedua pasar tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper