Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengembang Tangerang Wajib Bangun Instalasi Pipa Gas

Pemerintah Kota Tangerang mengkaji kemungkinan mewajibkan pengembang properti untuk menyediakan instalasi pipa gas alam di setiap pemukiman penduduk yang dibangun.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, TANGERANG—Pemerintah Kota Tangerang mengkaji kemungkinan mewajibkan pengembang properti untuk menyediakan instalasi pipa gas alam di setiap pemukiman penduduk yang dibangun.
 
Arief R. Wismansyah, Wali Kota Tangerang, mengatakan penggunaan gas alam untuk rumah tangga selain ramah lingkungan juga memiliki harga jual yang sangat terjangkau oleh masyarakat dibandingkan dengan penggunaan elpiji.
 
“Bisa saja nanti pengembang diwajibkan untuk melengkapi perumahannya dengan jaringan pipa gas. Pemkot Tangerang juga tengah mengkaji menggunakan bahan bakar gas pada mobil dinas,” katanya, Jumat (30/1).
 
Pemerintah Kota Tangerang menjadi salah satu dari tiga kota yang dijadikan pilot project pengembangan infrastruktur gas bumi oleh PT Perusahaan Gas Negara Tbk. seiring dengan diresmikannya instalasi gas di rumah susun Manis Jaya.
 
Rusun Manis Jaya, tuturnya menjadi titik awal pemasangan instalasi gas alam di Kota Tangerang. Rusun ini terdiri dari tujuh tower dengan total 350 kamar, di mana 336 kamar sudah terpasang instalasi pipa gas.
 
Oleh karena itu, Arief mengatakan pihaknya menginginkan instalasi pipa gas alam oleh PGN juga dapat terpasang ke sejumlah permukiman lain di Kota Tangerang.
 
Manager Area Tangerang PT PGN Tbk. Lebinner Sinaga mengatakan pada tahun ini pihaknya fokus menggarap konsumen rumah tangga dengan mengembangkan jaringan pipa gas alam, pengadaan converter kit untuk kendaraan pribadi dan penyediaan Mobile Refueling Unit (MRU) di Tangerang.
 
“Kami fokus bangun stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) offline dan online yaitu MRU. Selain itu, di Tangerang Selatan akan perpanjang 10 kilometer pipa gas, dan Kabupaten Tangerang tambah 30 km di kawasan industri,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler