Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WISMA KOSGORO TERBAKAR: Ini Bronto Skylift yang Mendadak Populer

Bronto Skylift, menurut Kepala Seksi Operasi Suku Dinas (Sudin) Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Pusat, Muchtar Zakaria, adalah sebuah alat ajaib.
Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api yang membakar Gedung Wisma Kosgoro di Jakarta, Senin (9/3)./Antara
Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api yang membakar Gedung Wisma Kosgoro di Jakarta, Senin (9/3)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA— Bronto Skylift, menurut Kepala Seksi Operasi Suku Dinas (Sudin) Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Pusat, Muchtar Zakaria, adalah sebuah alat ajaib.

"Terasa betul pekerjaan menjadi ringan karena tak perlu manual mencapai lantai 16," kata dia, Selasa (20/3/2015).

Bronto Skylift identik dengan mobil pemadam kebakaran yang dilengkapi oleh wahana angkat setinggi 100 meter. Bronto Skylift adalah sebuah merk dagang spesialis penyuplai truk hidrolik.

Khusus untuk mobil pemadam kebakaran, pabrikan asal Amerika Serikat ini memiliki lima spesifikasi termasuk untuk penyemprotan dari udara dari ketinggian 23 meter hingga 112 meter.

Spesifikasi pertama, mobil pemadam kebakaran multifungsi seri allrounder yang diseting untuk memadamkan api dan juga sebagai alat rescue pada ketinggian terbatas.

Seri RLX adalah mobil pemadam kebakaran yang memungkinkan pemadaman dilakukan pada ketinggian 32 sampah 55 meter. RPX memungkinkan pemadaman dilakukan pada ketinggian 32 sampai 70 meter, sementara seri HLA memungkinkan pemadaman dilakukan pada ketinggian 81 to 112 meter. Umumnya, Indonesia memiliki seri TLK yang betul-betul hanya berfungsi untuk memadamkan api saja.

Kelebihan lain skylift yang dipasarkan secara global ini adalah kemampuan untuk bermanuver sehingga saat melakukan penyelamatan, korban tidak hanya bisa dievakuasi ke daratan melalui metode vertical rescue. Tetapi juga bisa diamankan di gedung lain yang posisinya aman.

Populer

Nama Bronto Skylift di Indonesia menjadi populer sejak kebakaran menghanguskan lantai 16 hingga 20 Wisma Kosgoro. Sayangnya, nama Bronto Skylift dimaknai keliru sebatas pada pemadam kebakaran yang memiliki daya tembus ketinggian hingga 100 meter. Indonesia hanya memiliki satu unit tipe HLA.

Muchtar mengaku sangat senang dengan keberadaan skylift HLA.

"Saat datang jam sembilan malam itu, pekerjaan menjadi betul-betul ringan," kata dia.

Dia mengelak HLA Skylift disebut terlambat datang.

"Skyliftnya ada di bengkel Ciracas karena perawatan rutin dan saat hendak berangkat kekurangan awak. Jadi menjemput awak dari dinas kebakaran DKI dulu baru ke Ciracas," katanya.

Alasan lain unit ini berada di Ciracas adalah ketersediaan lahan parkir yang terbatas.

"Mikirnya sekalian perawatan ya sekalian nitip, di bengkel pasti aman. Sebab di Jakarta Pusat kantor kami tak ada lahan parkirnya untuk unit yang panjang itu," kata dia.

Tetapi belajar dari kondisi yang ada, lahan parkir HLA Skylift ditetapkan berada di Kemayoran.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper