Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UJIAN NASIONAL 2015: Wagub Djarot Minta CBT Tak Dijadikan Satu Satunya Ukuran

Saat meninjau pelaksanaan ujian nasional (UN), Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat mengimbau agar perspektif penggunaan computer based test (CBT) tidak dijadikan satu satunya patokan dalam mengukur tingkat kesuksesan sebuah sekolah.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Saat meninjau pelaksanaan ujian nasional (UN), Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat mengimbau agar perspektif penggunaan computer based test (CBT) tidak dijadikan satu satunya patokan dalam mengukur tingkat kesuksesan sebuah sekolah.

SMPN 241 di Pulau Tidung belum menggunakan computer based test (CBT) pada UN kali ini. Djarot menilai belum saatnya bagi sekolah-sekolah di Kepulauan Seribu dipaksa mengikuti perkembangan di Jakarta.

Menurut Djarot, sistem CBT yang menggunakan jaringan listrik ternyata telah mengubah mindset peserta. Perubahan ini membutuhkan proses dari manual ke CBT.

"Jadi penggunaan CBT itu dilihat jangan karena canggihnya tetapi yang penting adalah proses pencapaian mutu siswa-siswinya. Jangan ukur kemajuan dengan CBT bahwa CBT lebih hebat dari yang lain. Apa kamu bisa jamin bahwa CBT di kota lebih hebat?" ujar Djarot menjawab wartawan, Kamis (7/5/2015).

Djarot menilai tiap daerah memiliki karakteristiknya masing-masing. Begitupun dengan karakteristik anak-anak kepulauan Seribu. Menurut Djarot tidak bisa anak-anak Kepulauan Seribu disamakan dengan anak-anak Jakarta.

Djarot mengapresiasi siswa dan siswi SMP peserta UN yang usianya masih muda. Faktor lainnya adalah karena suasana di pulau jauh dari hiruk pukuk keramaian seperti di Jakarta. Suasana ini sangat mendukung proses belajar para siswa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper