Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lebih 20 Ribu Lulusan SD Terpaksa Sekolah di SMP Swasta

Daya tampung siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Kota Tangerang kurang sekitar 21.466 kursi dibanding total siswa Sekolah Dasar (SD) yang lulus pada tahun ini.
Dini Hariyanti
Dini Hariyanti - Bisnis.com 18 Mei 2015  |  16:33 WIB
Ilustrasi - JIBI
Ilustrasi - JIBI

Bisnis.com, TANGERANG— Daya tampung siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Kota Tangerang kurang sekitar 21.466 kursi dibanding total siswa Sekolah Dasar (SD) yang lulus pada tahun ini.

Kepala Bidang SD dan SMP Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamaluddin mengatakan, total siswa SD yang mengikui ujian sekolah pada tahun ini mencapai 31.466 orang. Jumlah itu terdiri dari 28.866 siswa dari 469 SD negeri dan swasta, serta 2.600 lainnya dari 102 Madrasah Ibtidaiyah.

Adapun daya tampung yang tersedia di SMPN di seluruh Kota Tangerang hanya berkisar 8.000 – 10.000 siswa dari 24 sekolah.

“Kalau yang bisa tertampung hanya 8.000 siswa maka sisanya harus ke SMP swasta,” ucap Jamaluddin di Tangerang, Senin (18/5/2015).

Secara keseluruhan, lulusan SD yang hendak meneruskan ke SMP tak perlu khawatir karena daya tampung SMP swasta memadai. Total ada 160 SMP swasta dan Madrasah Tsanawiyah sekitar 56 sekolah dan tiga di antaranya negeri.

Apalagi sejumlah masyarakat mungkin akan memilih sekolah di luar Kota Tangerang, khususnya yang bertempat tinggal di perbatasan dengan wilayah lain.

“Warga kawasan Poris atau Kreo biasanya ke Jakarta Barat atau Selatan," kata Jamaluddin.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sd smp ujian nasional kota tangerang
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top