Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Komplek Kantor Hijau BSD Selesai 2016, Harga Mulai Rp200.000/m/bulan

Gedung ramah lingkungan BSD Green Office Park (GOP) 9 senilai Rp255 miliar ditargetkan selesai dibangun pada kuartal ketiga tahun depan.
BSD/jibiphoto
BSD/jibiphoto

Bisnis.com, TANGERANG—Gedung ramah lingkungan BSD Green Office Park (GOP) 9 senilai Rp255 miliar ditargetkan selesai dibangun pada kuartal ketiga tahun depan.

Infrastruktur tersebut akan menyediakan 20.700 meter persegi area untuk disewakan. Jangka waktu penyewaan hanya tiga tahun setelah itu tenant harus memperpanjang sewanya. Sinar Mas Land (SML) sebagai pengembang sengaja hanya menyewakan agar konsep green building tak berubah.

Director Regulation, Compliance, and Sustainable Programmes SML Ignesjz Kemalawarta mengatakan tujuan penyewaan bangunan tersebut sama seperti di GOP 6, yakni sebagai kantor alias gedung perkantoran. Adapun tenant yang mengisi pada umumnya perusahaan multinasional.

"Gedung hijau memang biaya pembangunannya lebih mahal, tetapi harga sewa kami tetap mempertimbangkan daya beli tenant dan persaingan yang ada," katanya di sela peresmian BSD GOP 6, di Tangerang Selatan, Kamis (21/5/2015).

Sinar Mas mematok harga sewa ground floor Rp300.000 per meter persegi setiap bulan, sedangkan untuk typical floor Rp200.000. Adapun biaya service yang dikenakan senilai Rp 80.000 per meter persegi per bulannya.

Luas ground floor di Grand Office Park 9 mencapai 3.200 meter persegi dan 3.500 meter persegi untuk typical floor. Periode pembangunan gedung ini diperkirakan mencapai dua tahun, prosesnya sekarang sudah mulai berlangsung.

GOP 9 adalah gedung perkantoran ramah lingkungan keempat di BSD Green Office Park sekaligus yang pertama dilengkapi dengan auditorium. Adapun bangunan yang baru diresmikan pengoperasiannya adalah GOP 6 menelan investasi sekitar Rp160 miliar.

Ignesjz menyatakan SML hendak membangun sampai sembilan unit gedung perkantoran hijau di komplek perkantoran yang diklaim asri tersebut. Waktu penyelesaian proyek yang menghabiskan sekitar Rp2,3 triliun ini tergantung perkembangan minat sewa.

"Kalau setiap gedung dalam dua tahun bisa full disewa kami akan bangun terus. Kira-kira untuk lima gedung butuh sekitar 20 tahun," ucapnya.

Sementara itu Kepala Divisi Bangunan Perkantoran SML Anny Janty Gorat menyatakan selain mengusung konsep recycle water dan hemat konsumsi energi, GOP 9 mayoritas diisi ruang terbuka ketimbang indoor.

"Ruang terbuka hijau di GOP 9 mencapai 65%, sedangkan ruang tertutupnya 35%. " kata dia.

GOP dikembangkan Sinar Mas Land dengan kemampuan efisiensi energi mencapai 40% dibandingkan dengan gedung perkantoran biasa di Jakarta. GOP 6 contohnya, dalam setahun hanya menyedot 140 kWh setrum per meter persegi, sedangkan gedung biasa mencapai 200 kWh.

Meskipun investasi yang dibutuhkan untuk membangun gedung hijau lebih mahal tetapi untuk operasional jangka panjang justru lebih hemat. “Kami tidak memiliki agen eksklusif untuk mempromosikan GOP ini,” ujar Anny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper