Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DKI Siapkan 7.923 Bus Mudik Lebaran 2015

Kepala Bidang Angkutan Darat Dishubtrans DKI Jakarta Emmanuel Kristanto mengatakan Pemprov DKI menyediakan ribuan bus bagi masyarakat Ibu Kota yang ingin pulang ke kampung halaman masing-masing.

Bisnis.com, JAKARTA--Kepala Bidang Angkutan Darat Dishubtrans DKI Jakarta Emmanuel Kristanto mengatakan Pemprov DKI menyediakan ribuan bus bagi masyarakat Ibu Kota yang ingin pulang ke kampung halaman masing-masing.

"Kami menyiapkan 7.923 unit dengan rincian 2.469 bus AKAP DKI dan 5.454 unit bus AKAP non DKI. Selain itu, ada pula 490 unit bus bantuan yang terdiri atas 275 bus pariwisata dan 215 unit bus kota," paparnya, Minggu (28/6/2015). 

Dia menuturkan Bus AKAP non-DKI yang diterjunkan ke terminal-terminal disediakan oleh Direktorat Jenderal Angkutan Darat (Ditjendat) Kementerian Perhubungan. Sementara itu, 2.469 unit bus AKAP DKI yang siap dioperasikan sebagai angkutan Lebaran berasal dari 41 perusahaan otobus (PO).

"Masing masing‎ PO menyiapkan sampai dengan 517 armadanya untuk angkutan Lebaran. Jumlah bus AKAP dari DKI bertambah 80 unit dibandingkan tahun lalu yang hanya mencapai 2.389 unit," kata Emanuel.

Selain armada, Dishubtrans DKI Jakarta juga menyipkan terminal untuk mengakomodasi bus-bus yang akan mengangkut para pemudik. Setidaknya ada 12 terminal yang disediakan, yaitu tiga terminal utama dan sembilan terminal bantuan.

Tiga terminal utama yang disiapkan, yaitu Terminal Kalideres, Terminal Kampung Rambutan, dan Terminal Pulo Gadung. Sementara itu, sembilan terminal bantuan a.l. Terminal Tanjung Priok, Pinang Ranti, Rawamangun, dan Pulo Gebang.

Emanuel mengatakan dirinya sudah mengkoordinasikan kesiapan arus mudik Lebaran 2015 dengan internal, misalnya UPT Terminal, UPT Pengujian Kendaraan Bermotor‎ (PKB), serta Kepala Suku Dishubtrans di lima wilayah.

"Selain rapat dengan tim internal, kami sudah berkoordinasi dengan DPD Organda, Ditjen Perhubungan Darat untuk memastikan semua hal berjalan lancar," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler