Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasca Lebaran Harga Sembako di Ciputat Masih Tinggi

Harga bahan kebutuhan pokok di Pasar Ciputat, Tangerang Selatan masih tinggi kendati Lebaran telah berlalu lebih dari sepekan.
Pasar tradisional/Antara
Pasar tradisional/Antara

Bisnis.com, TANGSEL-Harga bahan kebutuhan pokok di Pasar Ciputat, Tangerang Selatan masih tinggi kendati Lebaran telah berlalu lebih dari sepekan.

Tingginya harga sembilan bahan pokok tersebut dipicu oleh menyusutnya pasokan barang dari sejumlah daerah produsen yang gagal panen akibat kemarau panjang.

Mahmudah, pedagang bahan kebutuhan pokok di pasar itu mengatakan harga sekarang relatif sama dengan saat menjelang Lebaran karena faktor yang berbeda.

“Kalau harga tinggi menjelang Lebaran itu terjadi karena ada lonjakan permintaan, tetapi sekarang harga tinggi karena pasokan mulai menyusut akibat kemarau panjang,” katanya Kamis (30/7/2015).

Sementara itu Yusriati, pengunjung Pasar Ciputat, mengatakan harga cabe rawit hijau sekarang mencapai Rp40.000 per kg,  cabe merah kriting sebesar Rp29.500 per kg, dan cabe merah besar Rp35.500 per kg.

“Harga cabe masih tinggi, sedikit lebih rendah dari saat akhir bulan Ramadan hingga mendekati hari raya Idul Fitri, akibat banyak daearah produsen terkena dampak kemarau panjang,” ujarnya.

Komoditas lain, selain cabe, yang harganya masih tinggi antara lain bawang bombay mencapai Rp12.500 per kg, bawang putih Rp22.000 per kg, bawang merah Rp28.500 per kg, dan kentang Rp9.500 per kg.

Para pedagang dan pengunjung Pasar Ciputat yang dihubungi Bisnis.com, menyatakan harapannya agar pemerintah, terutama Kementrian Pertanian, agar segera mengantisipasi musim kemarau panjang.

Dengan demikian, lanjutnya, daerah produsen barang kebutuhan pokok yang mengalami gagal panen akibat dampak kemarau panjang itu dapat diminimalisir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper