Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov DKI Gelar Upacara Kemerdekaan RI di Taman Proklamasi

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang selalu menggelar Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik (RI) di Tugu Monumen Nasional (Monas).
Tugu Proklamasi/Flickr
Tugu Proklamasi/Flickr

Bisnis.com, JAKARTA - Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI yang selalu menggelar upacara HUT Kemerdekaan RI di Tugu Monas, mulai tahun ini, Pemprov menggelar upacara HUT Kemerdekaan di Tugu Proklamasi, Jalan Proklamasi No. 56, Jakarta Pusat, yang memang salah satu dari tiga monumen nasional kemerdekaan RI.

Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan seluruh kegiatan formal merayakan detik-detik proklamasi hingga upacara HUT Kemerdekaan RI ke-70 akan dipusatkan di kawasan Taman alias Tugu Proklamasi.

"Nanti mulai detik-detik proklamasi hingga 17 Agustus, kegiatan upacara dan kegiatan lainnya tidak lagi dipusatkan di Lapangan Monas, akan tetapi di Tugu Proklamasi," tuturnya pada Jumat (7/8/2015).

Oleh sebab itu, lanjutnya kawasan ini harus disiapkan sedini mungkin, sehingga pada 16 dan 17 Agustus 2015 siap dijadikan sebagai pusat kegiatan peringatan 70 tahun Indonesia merdeka.

Menurutnya alasan kegiatan peringatan kemerdekaan dipusatkan di Tugu Proklamasi, mantan Wali Kota Blitar ini menjelaskan supaya seluruh bangsa Indonesia dan masyarakat dunia dapat mengetahui sejarah kemerdekaan Indonesia.

Bahwa di kawasan Tugu Proklamasi, Presiden dan Wakil Presiden RI Pertama, Soekarno dan M Hatta mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia dengan membacakan teks proklamasi yang paling singkat di dunia.

“Bangsa Indonesia dan masyarakat dunia harus mengetahui, di kawasan ini, 70 tahun lalu, Bung Karno dan Bung Hatta mendeklarasikan Kemerdekan Indonesia. Di sinilah tempatnya, kemerdekaan Indonesia diproklamirkan. Kita harus mengenalkan sejarah ini dengan memperkenalkan tempatnya," tutur mantan Wali Kota Blitar tersebut.

Setelah dikenal oleh masyarakat luas, Djarot mengharapkan kawasan Tugu Proklamasi dapat menjadi salah satu destinasi wisata sejarah di Jakarta, selain Tugu Monas. "Sehingga kedepan, kawasan ini bisa menjadi destinasi wisata sejarah yang baru di DKI Jakarta. Bukan hanya Tugu Monas saja,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper