Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KRISIS AIR, Warga Kota Tangerang Bergantung pada PDAM Kabupaten

Kebutuhan air bersih warga Kota Tangerang tidak sepenuhnya ditangani PDAM Tirta Benteng melainkan pula PDAM Tirta Kerja Raharja (TKR) Kabupaten Tangerang.
Air bersih. /jibi
Air bersih. /jibi

Bisnis.com, TANGERANG - Kebutuhan air bersih warga Kota Tangerang tidak sepenuhnya ditangani PDAM Tirta Benteng melainkan pula PDAM Tirta Kerja Raharja (TKR) Kabupaten Tangerang.

Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Binar Marga dan Sumber Daya Air Kota Tangerang Taufik Syahzaeni menyatakan ada 60.000 pelanggan di Kota Tangerang yang suplai air bersihnya didistribusikan via pipa-pipa milik PDAM TKR.

Oleh karena itu tak heran manakala pasokan air yang mampat tidak merata terjadi di seluruh Tangerang. Apabila PDAM TKR tak bisa dapat suplai air baku memadai tak heran daerah yang ditanganinya pun akan kekeringan.

“Mungkin beberapa perumahan di Kota Tangerang ada yang tidak dapat pasokan air karena PDAM kabupaten belum memproduksi optimal,” ujar Taufik kepada Bisnis.com, Rabu (19/8/2015).

Kemarau panjang ditambah kerusakan Pintu Air 10 mengikis produksi air bersih, untuk PDAM TKR kondisi ini dapat mengikis suplai hingga ke level 150 liter per detik. Padahal kebutuhannya mencapai 1.500 liter per detik untuk 128.000 pelanggan.

Belum lagi jika di lapangan terjadi hambatan teknis, seperti pipa bocor. Sebagai contoh, hari ini, terjadi kebocoran pipa distribusi di jalur Jalan KH. Hasyim Ashari Kota Tangerang. Walhasil pengaliran debit air oleh PDAM Tirta Benteng terganggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper