Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ahok Ancam Warga Kampung Pulo Tak Boleh Jual dan Sewakan Unit Rusun Jatinegara

Gubernur DKI Ahok memastikan warga kamoung Pulo yang menghuni rusun Jatinegara tidak oindah atau menjual rusunnya melalui mekanisme oendataan
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama/JIBI
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama/JIBI
Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memastikan warga Kampung Pulo yang menghuni rusun Jatinegara Barat tidak akan pindah atau menjual rusunnya karena sudah melalui mekanisme pendataan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.
 
Ahok mengaku warga yang memilih keluar dari rusun harus siap menerima resiko unitnya akan dialihkan ke orang lain.
 
"Dia tidak bisa jual karena di data dengan KTP. Khusus di Kampung Pulo, nanti anggota dan rusunnya sesuai unit, jadi kami tidak mau kasus yang dulu-dulu terulang," kata Ahok di Balai Kota, Selasa (25/8/2015).
 
Dia mengaku tak segan mengusir warga asing yang tinggal di rusun karena menyewa dari pemilik sebelumnya sekalipun warga yang bersangkutan ber-KTP DKI.
 
"Misal kamu beli bukan ber-KTP DKI atau KTP DKI, tetapi bukan orang Kampung Pulo, kami cek langsung kami usir. Kami membuat kartu rusun itu kartu ATM bank. Kami sudah banyak mengusir seperti idi Muara Baru dan Marunda," tegasnya.
 
Ahok pun menilai alasan warga menyewakan unit rusun kepada orang lain tidak bisa ditolerir Pemprov DKI. Pasalnya rusun yang dibangun pemerintah selalu menyediakan fasilitas untuk pencarian nafkah.
 
"Kalau kamu menyatakan tidak ada kerjaan, lebih baik masuk panti," sambungnya.
 
Ahok menilai ke depannya lahan Kampung Pulo yang rencananya akan dibangun kembali dengan rumah susun, masih dalam proses negosiasi konsep pembangunan. Pemprov DKI siap menata rusun jika dibuat dengan perencanaan yang baik.
 
"Kami akan tata lebih bagus ada tamannya ada rusun-rusun silakan. Kalau mereka nolak ya biarkan saja," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper