Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kopaja-Metromini Masih Dibutuhkan meski MRT Beroperasi

Moda angkutan seperti Kopaja dan Metromini tetap diperlukan meski sejumlah proyek transportasi massal yang sekarang sedang dikerjakan nantinya rampung dan beroperasi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 26 November 2015  |  17:56 WIB
Kopaja-Metromini Masih Dibutuhkan meski MRT Beroperasi
Metromini - Antara

Bisnis.com, JAKARTA-- Moda angkutan seperti Kopaja dan Metromini tetap diperlukan meski sejumlah proyek transportasi massal yang sekarang sedang dikerjakan nantinya rampung dan beroperasi.

"Kopaja, Metromini itu masih diperlukan, karena kita ini jaringan jalannya banyak. Artinya masih banyak jalan-jalan lokal yang masih perlu dilayani angkutan umum seperti metromini, kopaja, dan lainnya," kata pengamat transportasi dari Universitas Indonesia Ellen Tangkudung, Kamis (26/11/2015).

Hanya saja, menurut Ellen, perlu penataan ulang moda kendaraan yang telah ada sejak lama itu, mulai dari fisik (body sekaligus mesin) hingga trayek yang sifatnya dinamis.

"Banyak daerah di Jakarta, seperti Tambora, yang perlu. Karena bisa menjadi pengantar orang dari tempat tinggal masing-masing ke stasiun MRT atau LRT. Tetapi, harus ada revitalisasi (penataan ulang) misalnya trayek yang dinamis," kata dia.

Dengan begitu, keberadaan angkutan umum ini sesuai kebutuhan dan bisa dianggap feeder dari angkutan umum massal.

"Jangan sampai kebanting, angkutan umum massalnya sudah bagus, tetapi angkutan umum lainnya jelek-jelek. Di sini perlunya revitalisasi," kata Ellen.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo sempat menyatakan keinginannya agar transportasi massal seperi Light Rail Transport (LRT), MRT, bus TransJakarta, kereta cepat, dan kereta bandara yang terintegrasi bisa beroperasi sebelum Asean Games 2018 berlangsung.

Menurut Presiden, dibandingkan negara lain, Indonesia masih tertinggal dalam hal transportasi massal. Oleh karena itu, dia ingin agar semua proyek terkait ini segera dimulai dan dirampungkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mrt kopaja

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top