Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kopaja-Metromini Masih Dibutuhkan meski MRT Beroperasi

Moda angkutan seperti Kopaja dan Metromini tetap diperlukan meski sejumlah proyek transportasi massal yang sekarang sedang dikerjakan nantinya rampung dan beroperasi.
Metromini/Antara
Metromini/Antara

Bisnis.com, JAKARTA-- Moda angkutan seperti Kopaja dan Metromini tetap diperlukan meski sejumlah proyek transportasi massal yang sekarang sedang dikerjakan nantinya rampung dan beroperasi.

"Kopaja, Metromini itu masih diperlukan, karena kita ini jaringan jalannya banyak. Artinya masih banyak jalan-jalan lokal yang masih perlu dilayani angkutan umum seperti metromini, kopaja, dan lainnya," kata pengamat transportasi dari Universitas Indonesia Ellen Tangkudung, Kamis (26/11/2015).

Hanya saja, menurut Ellen, perlu penataan ulang moda kendaraan yang telah ada sejak lama itu, mulai dari fisik (body sekaligus mesin) hingga trayek yang sifatnya dinamis.

"Banyak daerah di Jakarta, seperti Tambora, yang perlu. Karena bisa menjadi pengantar orang dari tempat tinggal masing-masing ke stasiun MRT atau LRT. Tetapi, harus ada revitalisasi (penataan ulang) misalnya trayek yang dinamis," kata dia.

Dengan begitu, keberadaan angkutan umum ini sesuai kebutuhan dan bisa dianggap feeder dari angkutan umum massal.

"Jangan sampai kebanting, angkutan umum massalnya sudah bagus, tetapi angkutan umum lainnya jelek-jelek. Di sini perlunya revitalisasi," kata Ellen.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo sempat menyatakan keinginannya agar transportasi massal seperi Light Rail Transport (LRT), MRT, bus TransJakarta, kereta cepat, dan kereta bandara yang terintegrasi bisa beroperasi sebelum Asean Games 2018 berlangsung.

Menurut Presiden, dibandingkan negara lain, Indonesia masih tertinggal dalam hal transportasi massal. Oleh karena itu, dia ingin agar semua proyek terkait ini segera dimulai dan dirampungkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper