Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MUSIM HUJAN: Pemkot Tangerang Siap Antispasi Banjir

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin menyatakan pemerintah kota telah mengupayakan sejumlah langkah normalisasi dan penurapan sungai sebagai bentuk antisipasi banjir pada musim hujan kali inin
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, TANGERANG- Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin menyatakan pemerintah kota telah mengupayakan sejumlah langkah normalisasi dan penurapan sungai sebagai bentuk antisipasi banjir pada musim hujan kali ini.

"Kami telah melakukan normalisasi dan juga penurapan dibanyak titik, jadi saat hujan datang  jumlah titik banjir yang ada di Kota Tangerang dapat berkurang dengan signifikan,” katanya dalam siaran pers, Kamis (10/12/2015).

Pemerintah Kota Tangerang juga menyelenggarakan pelatihan teknis antisipasi bencana alam di Bumi Perkemahan Rawa Cipondoh. Semua langkah ini dilakukan guna mempersiapkan diri menghadapi potensi banjir seperti pada 2014.

Pada tahun lalu ada sebanyak 30 titik banjir di Kota Tangerang. Sementara pada tahun ini dikikis jumlahnya melalui perbaikan di 13 titik.

"Meskipun jumlah titik banjir telah kami upayakan agar berkurang, bukan berarti kami tidak mempersiapkan hal lainnya, melawan alam itu namanya," ujar Sachrudin.

Persiapan yang dia maksud adalah persiapan jajaran Pemerintah Kota Tangerang, peralatan, dan juga Standar Operating Procedure (SOP) dalam evakuasi terhadap korban. Tanpa ini semua dikhawatirkan akan menimbulkan permasalahan lain di tengah kondisi bencana.

"Pelatihan ini bukan main–main, ada SOP-nya. Jangan sampai mengevakuasi orang tapi malah mencelakai orang yang kita bantu,” kata Sachrudin.

Pemkot bekerja sama dengan Komando Distrik Militer 0506. Mereka melalukan pelatihan teknis antisipasi bencana yang dimaksudkan untuk menyamakan SOP dan juga meingkatkan kemampuan petugas khususnya jajaran Pemerintah Kota Tangerang.

Kodim siap mengerahkan sebanyak 50% kekuatan personilnya yang ada di jajaran Kodim 0506. Semuanya dibagi ke setiap Koramil yang ada di Kota Tangerang. adapun tahun lalu semua terpusat di Kodim sehingga ada keterlambatan personil untuk tiba di lokasi bencana.

Pada tahun ini, Kodim akan menyebar sebanyak 600 personil ke seluruh koramil yang ada di Kota Tangerang. Dengan begini diharapkan tidak memakan waktu bila ada bencana mendadak.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper