Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

APBD DKI 2016: Dana Hibah untuk Kota Penyangga Dihapus

Pemprov DKI tahun ini menghapus anggaran hibah ke kota-kota penyangga Jakarta di anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) DKI 2016.
APBD DKI Jakarta/Antara
APBD DKI Jakarta/Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) DKI Heru Budi Hartono mengatakan Pemprov DKI tahun ini menghapus anggaran hibah ke kota-kota penyangga Jakarta di anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) DKI 2016. 

"Tidak ada anggaran hibah untuk kota-kota penyangga [entangle] di APBD 2016," ujarnya dalam pesan singkat kepada Bisnis, Rabu (6/1/2016). 

Meski begitu, dia mengatakan saat APBD DKI 2016 sedang dalam tahap evaluasi oleh Kementerian Dalam Negeri. Heru berharap hasil evaluasi tersebut dapat memberi peluang pemberian dana hibah untuk kota penyangga.

"Kami berupaya memasukkan anggaran hibah khusus untuk Pemerintah Kota Bekasi. Uangnya digunakan untuk mengelola sampah di Bantargebang," katanya.

Adapun, total dana hibah yang tercatat di APBD DKI 2015 berjumlah Rp358 miliar dengan rincian Pemkab Bogor Rp 67,4 miliar; Pemkot Tangerang Rp 100 miliar; Pemkot Bekasi Rp 98,1 miliar; Pemkot Tangerang Selatan Rp 74,8 miliar; dan Pemkab Tangerang Rp 17,7 miliar.

Pemprov DKI Jakarta bakal menggelontorkan dana untuk mendukung realisasi pembangunan infrastruktur di yang menghubungi Ibu Kota dengan daerah penyangga, yakni Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak, dan Cianjur (Bodetabekpunjur).

Gubenur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan pemerintah daerah bersangkutan bisa memberikan proposal kegiatan lengkap anggaran yang dibutuhkan untuk diajukan pada anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (APBD-P) 2016 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper