Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terbitkan 4 Juta Izin, BPTSP DKI Raih Rekor MURI

Museum Rekor-Dunia-Indonesia (MURI) memberikan penghargaan kepada Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) Provinsi DKI Jakarta lantaran telah memecahkan rekor dunia, dengan menerbitkan sebanyak 4.138.021 pelayanan perizinan sepanjang 2015.
Pelayanan Terpadu Satu Pintu saat diresmikan oleh Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok belum lama ini./Jakarta.go.id
Pelayanan Terpadu Satu Pintu saat diresmikan oleh Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok belum lama ini./Jakarta.go.id

Bisnis.com, JAKARTA--Museum Rekor-Dunia-Indonesia (MURI) memberikan penghargaan kepada Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) Provinsi DKI Jakarta lantaran telah memecahkan rekor dunia, dengan menerbitkan sebanyak 4.138.021 pelayanan perizinan sepanjang 2015.

Jaya Suprana, Pendiri MURI mengatakan bahwa penghargaan tersebut pantas untuk diberikan agar kota lain bisa belajar dan meneladani pelayanan terpadu satu pintu yang telah dilakukan oleh DKI Jakarta.

"Penghargaan ini sebagai suri tauladan yang baik. BPTSP ini bukan hanya memecahkan rekor Indonesia, tetapi juga telah memecahkan seluruh dunia, ujarnya, disela penyerahan piagam Muri kepada Kepala BPTSP DKI Jakarta Edy Junaedi di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (12/1/2016).

Sementara itu, Gubernur Provinsi DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan bahwa apa yang telah dicapai oleh BPTSP seharusnya memang bukanlah hal yang istimewa dan tidak perlu mendapatkan penghargaan tersebut.

Sebab, menurut dia, memberikan pelayanan yang baik sudah menjadi kewajiban pegawai negeri sipil (PNS) DKI Jakarta, sebagaimana sumpah jabatan yang telah diucapkan para pegawai ketika dilantik menjadi PNS.

Namun, pihaknya akhirnya tidak bisa menolak permintaan Jaya Suprana agar tetap memberikan penghargaan tersebut guna menjadi pemicu semangat instansi lainnya agar mampu meniru pencapaian BPTSP.

Sekaligus, lanjutnya, untuk mematahkan stigma yang telah mengakar di masyarakat saat ini bahwa PNS itu adalah pegawai yang malas, korup, dan tidak kreatif. Namun, dengan segala pencapaian, baik sejumlah inovasj yang dihasilkan dan jumlah layanan perizinan yang dikeluarkan BPTSP dengan minimal komplain, patut untuk dibanggakan.

"Jangan salah paham Pak Jaya, di Indonesia itu banyak orang tidak percaya sama penghargaan, tetapi dengan penghargaan ini kami buktikan bahwa benar-benar ada PNS yang rajin, jujur, dan kreatif, seperti BPTSP yang terbitkan 4 juta perizinan selama satu tahun ini,ujarnya.

Selama setahun terakhir, BPTSP telah melakukan sejumlah inovasi dalam pelayanannya, seperti meluncurkan ODS (One Day Service) /Layanan Satu Hari, layanan Drive Thru, dan layanan Prioritas.

Hari ini, Selasa, (12/1/2015), BPTSP kembali mengahdirkan tiga inovasinya dalam pelayanan perizinan, yakni Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB), SIUP Online, dan gratis jasa arsitek saat urus IMB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper