Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemkab Tangerang Lakukan Berbagai Pencegahan Demam Berdarah

Pemerintah Kabupaten Tangerang mengklaim telah melakukan sejumlah tindakan mulai dari pencegahan hingga memimalisir merebaknya wabah penyakit demam berdarah di kawasan tersebut.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 10 Februari 2016  |  14:46 WIB
Ilustrasi-Fogging untuk pencegahan demam berdarah - Antara
Ilustrasi-Fogging untuk pencegahan demam berdarah - Antara

Bisnis.com, TANGERANG - Pemerintah Kabupaten Tangerang mengklaim telah melakukan sejumlah tindakan mulai dari pencegahan hingga memimalisir merebaknya wabah penyakit demam berdarah di kawasan tersebut.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan pihaknya sudah memantau 16 kecamatan terdampak wabah penyakit demam berdarah. Dari 15 kecamatan tersebut, lima kecamatan tercatat paling banyak jumlah penderitanya antara lain Cikupa, Panongan, Pasar Kamis, Sindang Jaya, dan Balaraja.

“Kami sudah melakukan beberapa tindakan pencegahan, misalnya sosialisasi, pencegahan preventif, pembentukan kader Juru pantau jentik (jumantik), foging, dan tindakan lainnya. Tetapi tetap saja, kebersihan lingkungan menjadi krusial untuk mencegah meluasnya wabah ini,” ungkapnya di Balaraja, Rabu (10/2/2016).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Naniek Isnaeni menjelaskan kebanyakan penderita demam berdarah yang dibawa ke rumah sakit sudah dalam keadaan parah. Untuk itu, dirinya menghimbau kepada masyarakat agar seger membawa anggota keluarganya ke puskesmas jika mulai terjadi demam.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, jumlah penderita yang meninggal akibat demam berdarah mencapai 15 orang hingga Selasa (9/2). Sebaliknya, kasus demam berdarah pada Januari 2016 mencapai 359, sedangkan Februari 2016 sebanyak 76 kasus.

“Kami juga meminta bantuan ke Kementerian Kesehatan untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai wabah ini. Apakah nyamuk tersebut sudah kebal dan mutasi gen atau seperti apa,” tambahnya.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kabupaten tangerang
Editor : Andhina Wulandari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top