Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Setiap Hari DKI Jakarta Hasilkan 6.500 Ton Sampah

Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan sampah yang dihasilkan di Ibu Kota saat ini mencapai 6.500 ton setiap harinya.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan sampah yang dihasilkan di Ibu Kota saat ini mencapai 6.500 ton setiap harinya.

"15% di antaranya adalah sampah anorganik, sebagian besar terdiri dari sampah plastik," kata Djarot di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (21/2/2016).

"Sampah plastik itu dapat terurai hingga 500 hingga 1.500 tahun ke depan. Artinya, bila semakin banyak ‎sampah berbahan plastik dihasilkan, maka akan semakin sulit sampah itu terurai," jelasnya.

Djarot mengimbau seluruh warga ibu kota untuk mengurangi penggunaan plastik atau menggunakan kantong kresek berbayar.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi konsumsi warga terhadap penggunaan kantong plastik yang dapat membahayakan lingkungan.

Apabila warga keberatan menggunakan kantong kresek dengan merogoh Rp5.000, Djarot menganjurkan untuk membawa tas belanja dari rumah.

"Kalau ibu dan bapak tidak mau dikenai tas kresek berbayar, bawa tas dari rumah sendiri. Kita harus mengurangi penggunaan kantong plastik untuk menyelamatkan lingkungan kita," katanya.

Lebih lanjut, Pemerintah provinsi DKI Jakarta ke depannya akan membentuk Peraturan Gubernur (Pergub) ataupun Peraturan Daerah (Perda) untuk menekan angka penggunaan kantong berbahan plastik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper