Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

YLKI Dukung Ahok Hapus Jalur Lambat Sudirman-Thamrin

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mendukung rencana Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menghapus jalur lambat di sepanjang jalan Sudirman - Thamrin.
Sosialisasi uji coba penghapusan 3 in 1/Antara-Reno Esnir
Sosialisasi uji coba penghapusan 3 in 1/Antara-Reno Esnir
Bisnis.com, JAKARTA - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mendukung rencana Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menghapus jalur lambat di sepanjang jalan Sudirman - Thamrin.
 
Tulus Abadi, Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) bahkan menilai bahwa ide tersebut sangat bagus, karena semakin memperlebar akses pedestrian.
 
"Jika benar wacana ini dieksekusi, hal ini merupakan ide yang progresif. Karena akses pedestrian di Jakarta, termasuk di Jl Soedirman Thamrin, memang masih sangat minim," ujarnya, Selasa (19/4/2016).
 
Menurutnya kaum pejalan kaki sering menjadi pesakitan di jalan raya, bahkan menjadi korban laka lantas, hanya karena tidak ada akses pedestrian/trotoar untuk pejalan kaki.
 
"Ingat, potret kota yang modern bukan karena akses jalan untuk kendaraan bermotor yang lebar dan mulus, tetapi adanya akses untuk pejalan kaki, pesepeda, dan akses untuk angkutan umum," terangnya.
 
Tulus mengharapkan perluasan trotoar bukan hanya di Jl Sudirman Thamrin saja, tetapi juga semua ruas jalan di Jakarta.
 
"Pemprov DKI mustinya juga membebaskan banyaknya trotoar yang dijadikan area komersial/pedagang kaki lima, bengkel, dan parkir liar," ujarnya.
Menurutnya kebijakan memperluas trotoar di Jl Soedirman Thamrin akan makin elegan jika dibarengi dengan penguatan akses armada Transjakarta di koridor 1 dan koridor-koridor lainnya.
 
"Ini untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang akibat migrasi dari pengguna kendaraan pribadi menjadi pengguna busway," katanya.
 
Selain itu, lanjutnya Pemprov DKI juga harus memperbanyak akses park and ride di area jalan menuju Jl Soedirman Thamrin.
 
Seperti diketahui, setelah berwacana menghapus three in one, dan kini sedang proses uji coba penghapusan hingga 4 minggu ke depan, Pemprov DKI kini juga berwacana akan menghapus jalur lambat di jalan Sudirman -Thamrin dan memperlebar trotoar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper