Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tangsel Catat Penerimaan BPHTB Kuartal I/2016 Rp64,6 Miliar

Pemerintah Kota Tangerang Selatan berhasil membukukan penerimaan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) mencapai Rp64,6 miliar pada tahun ini hingga 18 April 2016.
Pajak Bumi Bangunan. Ilustrasi/JIBI
Pajak Bumi Bangunan. Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, TANGSEL-Pemerintah Kota Tangerang Selatan berhasil membukukan penerimaan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) mencapai Rp64,6 miliar pada tahun ini hingga 18 April 2016.

Indri Sari, Kepala Bidang Pajak Bumi Bangunan (PBB) dan BPHTB Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (DPPKAD) Tangsel, mengatakan optimistis dapat mempertahankan prestasinya pada tahun lalu.

“Tahun lalu kami berhasil mendapatkan Rp405 Miliar dari hasil BPHTB saja, sehingga Tangsel menjadi penyumbang kedua paling besar di Indonesia,” katanya dalam situs resminya, Rabu (20/4/2016).

Menurutnya, atas prestasi tersebut Tangsel mendapat penghargaan dari Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) Kota Tangsel yang diserah-terimakan kepada Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie, baru-baru ini.

Rani Ridayanthi, Ketua IPPAT Tangsel, mengatakan pihaknya memberikan pengharagaan itu khususnya untuk Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (DPPKAD) dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Tangsel.

“Kota Tangsel merupakan penyumbang terbesar dalam pembayaran BPHTB, terkait pemasukan masyarakat melalui akta jual beli, hibah, warisan, tukar menukar, dan lain-lainnya,” ujarnya.

Alen Saputra, Kepala BPN Tangsel, mengatakan pendapatan dari sektor BPHTB Tangsel pada 2015 mendapatkan apresiasi karena menempati urutan yang kedua dari pendapatan terbesar nasional setelah Jakarta Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper