Usaha Ikan Hias Kepulauan Seribu Tembus Pasar Eropa

Usaha ikan hias di Kepulauan Seribu nampaknya cukup menjanjikan secara ekonomis.
Newswire | 17 Mei 2016 19:18 WIB
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Usaha ikan hias di Kepulauan Seribu nampaknya cukup menjanjikan secara ekonomis. Seperti pengusaha ikan hias asal Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara yang mampu memasarkannya hingga menembus pasar eropa.

Kamid (60), penjual ikan hias, warga Pulau Panggang mengatakan, sehari-hari ia mencari ikan di perairan Pulau Panggang hingga ke Pulau Pari. Dalam sepekan, Ia bisa mengumpulkan hingga 500 ekor ikan hias dari berbagai jenis.

Nantinya, ikan hasil tangkapan akan di sortir oleh pengepul. Yang kualitas bagus akan di eskpor ke Eropa, sedangkan yang kualitasnya tidak memenuhi standar Eropa, akan dilempar ke pasar lokal dengan kisaran harga lebih murah.

"Seminggu sekali kita setor ke pengepul. Sekali jual bisa dapat Rp 4 juta, sebab ikan di ekspor ke Eropa," ujarnya, Selasa (17/5).

Dikatakan Kamid, di Pulau Panggang terdapat 15 orang yang memiliki usaha menjual ikan hias hasil tangkapan dan budidaya. Menurutnya, mereka sudah mendapat pembinaan dari berbagai lembaga lingkungan hidup agar tidak merusak alam.

"Mencari ikan sekaligus menjaga ekosistem laut agar tidak rusak. Sehingga ikan bisa tetap berkembang biak," tandasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ikan hias

Sumber : Berita Jakarta
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top