Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Lebaran, Pemkab Tangerang Lakukan Hal Berikut

Menjelang Hari Raya Idul Fitri Pemerintah Kabupaten Tangerang menggelar Rapat Koordinasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Kabupaten Tangerang untuk melakukan persiapan pengamanan lalu lintas/ angkutan umum dan langkah-langkah operasional menstabilkan harga kebutuhan pangan yang dilaksanakan di Pendopo Bupati Tangerang. Selasa (21/06/2016).
Rakor Bupati Tangerang dan jajaran anggotanya/dokumentasi
Rakor Bupati Tangerang dan jajaran anggotanya/dokumentasi

Bisnis.com, TANGERANG-Menjelang Hari Raya Idul Fitri Pemerintah Kabupaten Tangerang menggelar Rapat Koordinasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Kabupaten Tangerang untuk melakukan persiapan pengamanan lalu lintas/ angkutan umum dan langkah-langkah operasional menstabilkan harga kebutuhan pangan yang dilaksanakan di Pendopo Bupati Tangerang. Selasa (21/06/2016).

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang Nono sudarno menyampaikan paparannya dalam rangka menjelang hari raya pemerintah daerah melalui Dinas perhubungan Kabupaten Tangerang dan Polresta Tangerang melakukan persiapan pengamanan lalu lintas dan angkutan menjelang hari raya Idul Fitri 1437 H di Kabupaten Tangerang.

Dalam kesiapan pengamanan yang tidak jauh dari tahun sebelumnya yaitu menyiapkan posko keamanan yang terdiri dari Polresta Tangerang, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang dan di bantu oleh Dandim 05/06. Jumlah pasukan yang diturunkan ialah sebanyak 170 personil dari Dinas Perhubungan dan 226 personil dari Polresta Tangerang. Posko tersebut ditempatkan di berbagai macam titik khususnya Titik rawan macet lalu lintas yaitu sepanjang jalan tol karawaci hingga jayanti, pasar balaraja, jayanti/ gembong, pasar buah cikupa, pasar cikupa dan citra raya.

Selain itu 27 SPBU, 20 Rumah sakit/Klinik dan 10 Masjid turut dilakukan pengamanan demi keamanan dan kenyamanan para pemudik baik dari pengendara motor maupun mobil. "Dengan program Kementrian yang melalui Provinsi Banten kami telah mendata untuk 300 orang gratis mudik ke kampung halamannya yang akan dikumpulkan pada tanggal 1 juli 2016 keberangkatan di Alun-alun Serang," ujarnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tangerang H. Jarnaji dalam pemaparannya menyampaikan fenomena kenaikan harga kebutuhan pokok menjelang hari raya dan Idul Fitri 1437 H. Kebutuhan pangan Kabupaten Tangerang sekitar 435.118 ton/Tahun yang diproduksi dalam daerah sebesar 43,6% sisanya sebanyak 56,4% dipasok dari luar daerah, Kebutuhan ikan sekitar 7.882 ton/bulan yang di produksi dalam daerah sebesar 40% sisanya sebanyak 60% dipasok dari luar daerah, Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) Bulog sebanyak 100 ton, digunakan untuk bencana alam, nelayan tidak melaut dan operasi pasar apabila ada gejolak harga.

Beberapa bahan pokok sudah mengalami kenaikan dan penurunan harga, dan stok LPG dan BBM masih aman, distribusi dari pertamina lancar tidak ada pengurangan alokasi serta disiapkan tambahan menjelang ramadhan dan lebaran sebanyak 20%.

Adapun langkah-langkah antisipasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas Dinas Perindustrian dan Perdagangan yaitu:

1. Monitoring harga terhadap 21 komoditi kebutuhan bahan pokok pangan dan bahan penting lainnya, setiap minggu di 8 pasar Kabupaten Tangerang yaitu Pasar Kelapa dua, Pasar Tigaraksa, Pasar Curug, Pasar Cikupa, Pasar Balaraja, Pasar Kutabumi, Pasar Sepatan dan Pasar Modern Karawaci.

2. Melakukan koordinasi dengan distributor bahan pokok pangan dan Hiswana Migas (Bahan Bakar dan LPG).

3. Koordinasi dengan Disperindag Prov. Banten dan Kementrian Perdagangan RI serta SKPD terkait lainnya.

4. Menyelenggarakan Pasar Murah dan bazar ramadhan.

5. Melakukan operasi pasar bila diperlukan(bila terjadi gejolak kenaikan harga diatas 15%).

6. Melakukan pengawasan bahan bakar minyak dan LPG.

"Kesimpulannya harga bahan pokok pangan relatif naik dan turun tetapi tidak melebihi 15% seperti halnya daging sapi murni naik 2,78%, cabe merah besar turun 6,36% dan lainnya, bila sampe terjadi kenaikan melebihi 15% kami akan melakukan operasi pasar, dan stok bahan pangan aman sampe menjelang hari raya nanti," ucapnya.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan disela-sela Rapat Koordinasi tersebut bahwa Pemerintah Kabupaten Tangerang sudah siap dalam mengantisipasi dalam hal masalah perisiapan menuju Hari Raya Idul Fitri 1437 H seperti persiapan arus mudik lebaran, baik pengamanan dan segala sesuatu yang berkaitan dengan mudik.

"Saya berharap dalam proses arus mudik dan arus balik lebaran di Kabupaten Tangerang lancar-lancar saja tidak ada hal yang menghawatirkan, karena kita terus berupaya melakukan yang terbaik, apa lagi kan kita terus ber koordinasi dengan pihak kepolisian Insyaallah semuanya lancar-lancar saja," kata Zaki.

Zaki menambahkan, Untuk harga sembako di Kabupaten Tangerang masih terpantau relatif stabil hanya ada beberapa komoditas saja yang mengalami kenaikan seperti kentang, tetapi seperti beras dan semuanya alhamdulillah cukup stabil dan pasokannyapun masih sangat cukup sekali, memang harga daging fres saja yang masih relatif tinggi berada di kisaran Rp. 120.000 per Kilogramnya tapi mudah-mudahan nanti bisa turun lagi.

Wakil Bupati Tangerang dalam kesempatan tersebut menghimbau kepada seluruh pejabat agar nanti ketika masuk kerja setelah hari Raya Idul Fitri jangan sampai ada yang nambah liburnya, karena para pejabat menjadi contoh untuk para jajarannya. Apa bila ada yang bolos kerja dihari pertama kerja setelah libur lebaran maka akan mendapatkan sanksi tegas, apabila memang ada keperluan mendesak silahkan saja mengajukan cuti sebelum libur jadi jangan sampai tidak ada keterangan yang jelas.

"Di bulan yang penuh berkah ini saya harapkan para pejat di Pemerintah Kabupaten Tangerang ini bekerja sungguh-sungguh dan ikhlas karena ini menjadi ladang amal untuk kita bisa membawa kita kesurga nanti, karena pekerjaan Bapak dan Ibu ini sungguh luar bisa sekali menjadi ladang amal," tutur Hermansyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper