Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

DTKJ Dorong Pemprov DKI Tutup Perlintasan Sebidang

Dewan Transportasi Kota Jakarta mendorong Pemprov DKI untuk merealisasikan penutupan perlintasan sebidang dengan kereta api sebagai upaya menekan angka kecelakaan di Jakarta.
Miftahul Khoer
Miftahul Khoer - Bisnis.com 23 Oktober 2017  |  22:27 WIB
DTKJ Dorong Pemprov DKI Tutup Perlintasan Sebidang
Perlintasan KA
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- ‎Dewan Transportasi Kota Jakarta mendorong Pemprov DKI untuk merealisasikan penutupan perlintasan sebidang dengan kereta api sebagai upaya menekan angka kecelakaan di Jakarta.

Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta Iskandar Abubakar mengatakan ‎pemimpin yang baru terpilih di Jakarta harus memprioritaskan penutupan perlintasan sebidang tersebut sebagai salah satu program 100 hari kerja.

"Kami pikir ada dua pilihan agar penutupan perlintasan sebidang bisa direalisasikan. Pertama adalah membuat jalur alternatif di area perlintasan baik itu jebatan ataupun underpass. Kedua kalau mau emua jalur kereta di Jakarta dibikin jalan layang semuanya," paparnya kepada Bisnis, Senin (23/10).

Dia mengatakan Pemprov DKI perlu berkomunikasi secara intensif dengan pemerintah pusat terkait penutupan perlintasan sebidang tersebut. Sebab, persoalan perlintasan sebidang ini merupakan masalah lintas batas termasuk dengan wilayah-wilayah penyangga yang dilewati kereta.

Iskandar mengatakan membangun jalur alternatif untuk penutupan perlintasan sebidang di Jakarta memang memerlukan anggaran cukup besar baik untuk penyediaan jembatan maupun underpass.

"Ya intinya harus dicari jalan keluarnya. Jalur alternatif di area perlintasan adalah salah satunya meskipun biayanya besar. Dan kami apresiasi kalau nantinya perlintasan sebidang dihilangkan," katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta Andri Yansyah mengaku kesulitan untuk menutup seluruh perlintasan sebidang kereta api yang ada di Ibu Kota.

"Kami baru bisa menutup perlintasan sebidang jika ada jalur alternatif. Jadi gak bisa asal tutup, kasihan dong warga," ujarnya.

Dia menuturkan ketentuan penutupan seluruh perlintasan sebidang memang sudah ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan. Namun, Andri menilai tidak semua lokasi dapat diterapkan rekayasa lalu lintas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perlintasan sebidang
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top