APKASI Otonomi Expo 2018: Dekatkan Daerah dengan Pelaku Bisnis Mancanegara

Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) berencana untuk kembali menggelar acara tahunan, APKASI Otonomi Expo ke 14 di 2018.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 20 Desember 2017  |  15:19 WIB
APKASI Otonomi Expo 2018: Dekatkan Daerah dengan Pelaku Bisnis Mancanegara
Presiden Joko Widodo memberi sambutan dalam pembukaan Rakernas X Apkasi dan Apkasi Otonomi Expo 2017 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (19/7). - ANTARA/Rosa Panggabean

Bisnis.com, JAKARTA -- Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) berencana untuk kembali menggelar acara tahunan, APKASI Otonomi Expo ke 14 pada tahun depan.

Nurdin Abdullah, Sekretaris Jenderal APKASI, mengatakan untuk melanjutkan keberhasilan AOE 2017,  Apkasi akan memfasilitasi terbukanya pasar internasional dengan menghadirkan sejumlah pelaku bisnis mancanegara.

"Kami berharap pemerintah kabupaten dapat memanfaatkan kesempatan untuk merebut peluang pasar dan investasi demi tumbuh kembang perekonomian di daerahnya," ujarnya saat meluncurkan APKASI Otonomi Daerah 2018 di Jakarta, Rabu (20/12/2017).

Berdasarkan pelaksanaan APKASI Otonomi Expo 2017 pada Juli silam, telah terjadi transaksi senilai lebih dari Rp2 triliun.

"Nilai itu belum termasuk berbagai kesepakatan investasi dan hubungan perdagangan yang terjadi setelah acara berlangsung," tuturnya.

Nurdin menambahkan, seiring dengan semakin sengitnya persaingan global saat ini, APKASI masih berupaya untuk mendorong anggotanya untuk terus meningkatkan kemampuan bersaing di pasar lokal, regional, maupun di tingkat internasional.

Seperti tahun sebelumnya, selain pameran dan business matching, acara tahunan ini juga akan mengadakan Semiloka peningkatan kapasitas terkait dengan peningkatan perdagangan dan investasi.

AOE 2018 juga akan memfasilitasi kerjasama antar daerah terkait jual beli komoditas dan kerjasama pengembangan daerah lainnya.

Syaifudin Kai, Kepala Divisi Pengembangan Bisnis dan Potensi Daerah Apkasi, mengatakan Semiloka tersebut akan membahas topik yang dibutuhkan oleh daerah dan para pelaku usaha dengan menghadirkan narasumber yang memiliki kapasitas di bidangnya.

\"Semiloka ini akan menjadi nilai tambah bagi para peserta dan pelaku usaha yang terlibat dalam Apkasi Otonomi Expo 2018,\" katanya.

Setiap tahunnya AOE dihadiri oleh 10.000 pengunjung potensial yang berasal dari pelaku usaha dan investor dari dalam dan luar negeri, AOE 2018 nantinya diharapkan dapat menjadi sarana strategis bagi para peserta untuk mendapatkan akses perdagangan dan investasi yang lebih luas.

Para pebisnis juga dapat mengakses peluang bisnis dari seluruh Indonesia secara efektif dan efisien melalui rangkaian acara APKASI Otonomi Expo 2018.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
apkasi

Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top