Anies Jabat Ketua BKSP Jabodetabekjur

Anies Baswedan berupaya mendorong pemerataan ekonomi dengan berbagai perencanaan yang bisa dilakukan dengan jabatan barunya sebagai Ketua Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP).
Regi Yanuar Widhia Dinnata | 08 Januari 2018 14:17 WIB
Kawasan Puncak Bogor Jawa Barat - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Anies Baswedan berupaya mendorong pemerataan ekonomi dengan berbagai perencanaan ‎yang bisa‎ dilakukan dengan jabatan barunya sebagai Ketua Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP)‎.

Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, menyampaikan jabatan sebagai Ketua BKSP Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Cianjur (Jabodetabekjur) sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 13 tahun 1976 tentang pengembangan wilayah Jabodetabekjur. Tujuan dari terbentuknya BKSP, yaitu mengatur pola pemukiman dan penyebaran penduduk sehingga memiliki kesempatan bekerja yang lebih merata. Selain itu BKSP memiliki mandat seperti merencanakan, penyerasian, dan pengembangan infrastruktur di wilayah Jabodetabekjur.‎

"Saya berharap lembaga BKSP semakin mampu melaksanakan salah satu tugas pokoknya yaitu merumuskan kebijakan pembangunan bersama [di kawasan] Jabodetabekjur secara konsisten berkelanjutan demi mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di wilayah masing-masing," kata Anies, Senin (8/1/2018).

Saat ini telah banyak program kerja sama yang dilakukan oleh sesama pemerintah di kawasan tersebut seperti peraturan dan keputusan bersama. ‎Adapun kerja sama yang telah berjalan antara pemangku kepentingan di Jabodetabekjur seperti ‎di bidang penataan ruang, pengelolaan sumber daya air, pembangunan infrastruktur, pengembangan transportasi, ketenagakerjaan, kesehatan, pendidikan, kependudukan, dan agribisnis.

Sementara itu, dia menjelaskan hal yang mendesak mengenai penataan ruang di kawasan Puncak, Bogor. Penataan ini bermaksud untuk mengembalikan fungsi kawasan Puncak sebagai tempat kawasan resapan air.

Anis mengatkan misi meliputi dua aspek, yaitu pemerintahan dan sosial ekonomi.

Adapun pemerintahan yang maksud adalah berupaya untuk mewujudkan kebijakan pembangunan yang lebih strategis di wilayah Jabodetabekjur. Sedangkan aspek sosial ekomoni diharapkan BKSP Jabodetabekjur bisa menunjang keberlangsungan perekonomian daerah melalui pembangunan keberlanjutan di bidang agribisnis, koperasi, usaha kecil, Mikro, dan menengah (UMKM). ‎

Menurutnya, para pejabat dan sekretariat BKSP Jabodetabekjur diharapkan bisa meningkatkan profesionalisme dengan menjalin komunikasi dan kemitraan dengan pemerintah daerah di kawasan ini.

"Harapannya BKSP dengan segala berbagai dinamikanya ini semakin maju, berkembang, serta manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh warga masyarakat di wilayah Jabodetabekjur," imbuhnya. ‎

Tag : jabodetabek, anies baswedan
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top