Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pintu Air Depok Siaga 1, Begini Instruksi Anies ke Bawahannya

Sore hari pintu Air Depok menunjukkan ketinggian air 400 Cm atau siaga 1. Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan menginstruksikan seluruh jajaran pejabat untuk jalankan pesan Operasi Siaga Ibukota sebelum banjir kiriman tiba di Jakarta.
Suasana di Bendung Katulampa di Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (5/2)./JIBI-Nurul Hidayat
Suasana di Bendung Katulampa di Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (5/2)./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA -Pada Senin (5/2/2018) sore, pintu Air Depok menunjukkan ketinggian air 400 cm atau siaga 1. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginstruksikan seluruh jajaran pejabat untuk menjalankan pesan Operasi Siaga Ibu Kota sebelum banjir kiriman tiba di Jakarta.

"Khusus untuk pimpinan dan jajaran SKPD [Satuan Kerja Perangkat Daerah] harap siapkan langkah-langkah taktis dan cepat," kata Anies, Senin (5/1/2018).

Berikut instruksi gubernur kepada SKPD DKI Jakarta :

- Walikota: Koordinasikan seluruh pasukan kerja, kerahkan petugas ke lapangan di wilayahnya masing-masing. Pastikan semua posko dalam posisi siap dan bisa menampung semua warga yang berpotensi terdampak bencana.

- BPBD: Koordinasikan antisipasi dan penanggulangan banjir. Pastikan informasi tersampaikan ke seluruh bagian terkait, juga kepada publik yg membutuhkan. Utamanya seluruh warga di DAS Ciliwung.

- Dinas SDA: Pasukan biru bersiap di titik rawan banjir dan memastikan tidak ada sumbatan di tali air. Pastikan pompa-pompa berjalan baik.

- Dinas Sosial: Antisipasi warga yang terdampak banjir kiriman. Kebutuhan sandang dan pangan agar dipersiapkan ketika warga harus mengungsi. Siapkan respon cepat jika ada pengungsian.

- Dinas LH: Lakukan antisipasi penumpukan sampah di pintu air. Bersihkan secara cepat dan tuntas. Persiapkan kebutuhan toilet mobile untuk di lokasi pengungsi.

- Dinas Pemadam Kebakaran: Tanggap lakukan evakuasi pengungsi jika dibutuhkan. Bantu pompa mobile bila diperlukan.

- Dinas Perhubungan: Antisipasi dan bantu atur lalu lintas petang nanti jika terjadi macet akibat genangan di berbagai titik. Tempatkan petugas tambahan di lapangan, utamanya di daerah rawan genangan.

- Dinas Bina Marga: Pastikan semua dan setiap pompa underpass bekerja baik. Semua petugas dalam posisi siap bertindak.

- Satpol PP: Bantu jaga setiap rumah pompa. Bantu warga yang membutuhkan di lokasi rawan banjir.

- Dinas Kesehatan: Pastikan tenaga medis siaga bergerak dan membantu di daerah rawan banjir dan potensi pengungsian.

- Lurah: Pastikan pasukan oranye harus dalam posisi siap untuk bantu mengatasi banjir kiriman. Perbantukan pasukan ke daerah sekitar yang terdampak sesudah memastikan daerah sendiri aman.

- Dinas Kominfotik: Pastikan selalu update data terbaru di seluruh kanal informasi. Data dari Kominfo harus akurat dan harus paling cepat dikeluarkan untuk diketahui publik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper