Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kesenian Ondel-ondel Promosikan Asian Games

Wakil Gubernur DKI Jakarta mempromosikan Asian Games melalui kebudayaan Betawi seperti mengakomodasi keberadaan para penggiat kesenian ondel-ondel.
Ondel-ondel/Ilustrasi
Ondel-ondel/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta mempromosikan Asian Games melalui kebudayaan Betawi seperti mengakomodasi keberadaan para penggiat kesenian ondel-ondel.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menjelaskan akan mendorong program Ondel-Ondel Kreasi Betawi (OK OB) untuk meningkatkan pendapatan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Adapun program OK OB tersebut merupakan salah satu turunan dari pelatihan One Kecamatan One Center for Entrepreneurship (OK OCE).

"Harapannya akan menggerakan ekonomi berbasis budaya," kata Sandi, Senin (5/3/2018).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mencatat, yang telah bergabung dengan OK OB ini mencapai sebanyak 75 orang. Adapun selain ondel-ondel, Pemprov DKI akan mendorong produk kreatif lain yang bernuansa Betawi seperti kuliner, fesyen, dan pernak-pernik lainnya.

Menurutnya, khusus untuk ondel-ondel dia akan mengampu misi lebih besar seperti memperkenalkan kegiatan Asian Games yang segera dimulai pada pertengahan tahun ini. Dia menyebutkan saat ini yang mengetahui acara Asian Games di Jakarta hanya sekitar 20% penduduk Jakarta. Dengan demikian, diperlukan pendekatan secara khusus untuk mempromosikan event Asian Games ini.

Adapun yang dilakukan oleh Pemprov DKI, yakni merangkul para penggiat ondel-ondel untuk mensosialisasikan Asian Games dengan cara berkeliling bersama maskot Asian Games. Hal ini ditunjang oleh keberadaan ondel-ondel yang kerap berada di keramaian, bahkan di kegiatan car free day (CFD).

"Alangkah baiknya kalau mereka dalam 6 bulan ke depan berpasangan dengan [maskot Asian Games], yaitu Bhin Bhin, Atung, dan Kaka," imbuhnya.

Sandi berharap dengan kegiatan seperti demikian dapat meningkatkan awareness warga terhadap Asian Games. Selain itu, dampak positif bagi pegiat ondel-ondel, yakni membuka lapangan kerja baru dan meningkatkan kesejahteraan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler