Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sandiaga Janji DP Nol Rupiah Bukan Jargon

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tetap berkomitmen untuk mewujudkan program down payment Rp0 untuk memudahkan warga Ibu Kota memiliki rumah.
Foto contoh unit rusun dengan DP nol rupiah di Klapa Village, Jakarta Timur./Istimewa
Foto contoh unit rusun dengan DP nol rupiah di Klapa Village, Jakarta Timur./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tetap berkomitmen untuk mewujudkan program down payment Rp0 untuk memudahkan warga Ibu Kota memiliki rumah.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, mengatakan program down payment Rp0 (nol rupiah) masih menjadi pemberitaan yang paling diperhatikan saat ini oleh warga di Tanah Air. Dengan demikian, pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta merasa harus terus menginformasikan mengenai progres DP nol rupiah ini agar terjadi kesamaan pemahaman warga, media, dan pemerintah.

"Kita tidak mau ini hanya menjadi sebuah jargon dan sebuah pemikiran wacana yang eksekusinya tidak terfokus," kata Sandi, Rabu (14/3/2018).

Menurutnya, implementasi dari program rumah DP nol rupiah ini sudah mulai berjalan hingga saat ini. Bahkan dalam waktu dekat konsep dari kebijakan ini akan memiliki bentuk. Hal ini ditunjang oleh kehadiran Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dan berbagai landasan yang menjadi payung hukum ditergetkan selesai pada April tahun ini.

Dia menjelaskan program DP nol rupiah ini didasarkan pada peraturan Bank Indonesia nomor 18/16/PBI/2016 tertanggal 29 Oktober 2016 tentang loan to value atas kredit pemilikan rumah (KPR) dan DP kendaraan bermotor.

"Skemanya bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, bekerja sama dengan bank nasional yang telah menyediakan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan [FLPP]," ungkapnya.

Sandi mengungkapkan landasan program DP nol rupiah ini berdasarkan warga DKI kekurangan 302.019 unit hunian. Adapun sebanyak 51% warga Jakarta yang memiliki rumah, sedangkan sebagiannya hanya bisa menyewa.

"Kita ingin hadirkan berasama Pak Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta adalah keberpihakan pemerintah kepada rakyat yang ingin memiliki rumah yang terjangkau. [Hal ini] khusus bagi [golongan] menengah ke bawah yang merupakan mayoritas [70%] dari warga Jakarta," ungkapnya.

Dia menambahkan program DP nol rupiah ini merupakan wujud dari penyediaan rumah terjangkau bagi masyarakat yang telah dilakukan di berbagai negara maju di dunia. Adapun di Singapura memiliki program seperti housing development board (HDB), sedangkan di Amerika Serikat seperti The Federal Home Loan Mortgage Corporation (FHLMC) atau dikenal juga dengan nama Freddie Mac.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper