Pemprov DKI Dapat Bantuan 20 Unit Alat Angkut Sampah

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerima bantuan berupa 20 unit alat angkut sampah dari Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam DKI Jakarta Raya.
Regi Yanuar Widhia Dinnata | 14 Maret 2018 20:22 WIB
Sejumlah truk sampah DKI Jakarta antre memasuki Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerima bantuan berupa 20 unit alat angkut sampah dari Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam DKI Jakarta Raya.

Adapun alat angkut sampah berupa motor roda tiga ini merupakan hibah kepada 20 RW wilayah Jakarta Utara sebagai wujud dari sistem partisipatif dan kolaboratif dari masyarakat dalam mewujudkan kebersihan di Ibu kota.

"Kalau kita ingin merasakan manfaat Jakarta yang bersih, RW-nya diberdayakan, dikasih kendaraan angkut sampah. Hibah alat angkut sampah ini yang insya Allah akan dipakai masuk gang-gang kecil," Kata Wakil Gunernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno dalam keterangan resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Rabu (14/3/2018).

Sandi mengatakan penyerahan hibah ini akan diintegrasikan dengan gerakan dan program One Kecamatan One Center for Entrepreneurship (OK OCE). Dia berharap upaya pengentasan masalah sampah Jakarta dapat selaras dengan pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja.

Menurutnya, para pegiat yang akan menggunakan alat angkut sampah tersebut juga akan diberdayakan melalui pelatihan. Selain itu, penyelesaian masalah sampah di Jakarta akan memiliki sistem tata kelola yang baik melalui perencanaan bank sampah.

"Jadi, skemanya sudah ada, pemberdayaannya sudah ada, mobil-mobil angkut sampahnya sudah ada, bank sampahnya tinggal disinkronkan. Kami menargetkan dari 20 yang hari ini bisa dihibahkan, bisa juga menular ke wilayah-wilayah lain di DKI Jakarta," ujarnya.

Seperti diketahui, penyerahan 20 unit alat angkut sampah dari KAHMI Jaya kepada 20 RW wilayah Jakarta Utara ini didukung oleh industri otomotif TVS Kargo Kendaraan Roda Tiga dan PT Tri Rajawali Indo Sejahtera.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Koordinator Presidium KAHMI Jaya, H. Mohammad Taufik dan Walikota Jakarta Utara, Husein Murad.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sampah dki

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top