Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DFW-Indonesia Khawatir Terhadap Ekosistem Pesisir Jakarta

Destructive Fishing Watch-Indonesia menilai ekosistem pesisir di Jakarta makin mengkhawatirkan sehingga mengganggu persediaan air bersih Ibu Kota
Tumpukan sampah di Teluk Jakarta, Kepulauan Seribu/Antara
Tumpukan sampah di Teluk Jakarta, Kepulauan Seribu/Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Destructive Fishing Watch-Indonesia menilai ekosistem pesisir di Jakarta makin mengkhawatirkan sehingga mengganggu persediaan air bersih Ibu Kota.

Seperti diketahui, pembangunan infrastruktur dan gedung-gedung tinggi di Ibu Kota memberikan tekanan terhadap ketersediaan air di Ibu Kota.

Bappenas mencatat, krisis air bersih yang terjadi di Jakarta menyebabkan penurunan permukaan tanah lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumya.

Hal ini disebabkan banyaknya masyarakat yang memanfaatkan air tanah dengan cara menggali sumur untuk mendapatkan air bersih.

Penurunan permukaan tanah di Jakarta menyebabkan rembesan air laut di utara Jakarta semakin meningkat dan mempengaruhi kualitas air tanah.

Selain itu, masalah Jakarta saat ini, yaitu rendahnya penanganan air limbah yang hanya menangani sebesar 2% dari seluruh limbah yang ada di Jakarta.

Oleh karena itu perlu kebijakan strategis dan sinergis antara pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan masyarakat untuk mengurangi tekanan terhadap ekosistim di pesisir Jakarta melalui program dan aksi bersama.

“Praktik ocean sprawl yang marak terjadi di Jakarta seperti pembangunan pelabuhan New Tanjung Priok dan reklamasi teluk Jakarta merupakan contoh aktivitas yang mengubah habitat laut menjadi ruang baru merupakan salah satu ancaman ekosistim Jakarta,” kata Koordinator Nasional Destructive Fishing Watch-Indonesia, Moh Abdi Suhufan dalam siaran pers, Senin (19/3/2018).

Sementara itu, persoalan lainnya yang dihadapi pesisir Ibu Kota, yakni masalah persampahan. Akibat penanganan yang tidak terintegrasi dari hulu ke hilir, pesisir Jakarta menjadi lokasi pembuangan alami sampah warga Jakarta.

Adapun pada musim barat (Desember-Februari) setiap tahunnya, sampah perairan di Teluk Jakarta terbawa arus dan gelombang hingga ke pesisir Jakarta. Akibatnya pesisir Muara Angke dan sekitarnya menjadi daerah yang terkena dampak berupa timbunan sampah dari berbagai jenis.

“Sampah yang tidak terurus dan menumpuk di pesisir Jakarta akan menyebabkan dampak lingkungan, kesehatan, dan sanitasi bagi warga pesisir Jakarta. Harus ada keterpaduan dalam penanganan sampah di pesisir Jakarta dengan menggunakan teknologi pengolahan sampah modern," imbuhnya.

Adapun untuk memperingati Hari Air Sedunia, DFW-Indonesia bekerjasama dengan komunitas masyarakat, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dan Pemprov DKI Jakarta akan menggelar aksi di dalam kawasan Pelabuhan Perikanan Muara Baru.

Aksi lingkungan tersebut akan dilakukan pada 23 Maret 2018 nanti dengan serangkaian kegiatan seperti clean up the beach, penanaman mangrove dan pelatihan pengolahan sampah plastik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper