LAPORAN DARI WINA: Lalu Lintas Jakarta Semrawut, Ini Solusi Austria

Austria menawarkan solusi cable cars sebagai salah satu upaya menata sistem transportasi publik di Jakarta.
Indyah Sutriningrum | 23 Mei 2018 01:07 WIB
Cable car di La Paz, Bolivia. - Reuters/David Mercado

Bisnis.com, WINA - Austria menawarkan solusi cable cars sebagai salah satu upaya menata sistem transportasi publik di Jakarta.

Konsep tersebut mengemuka dalam pertemuan antara delegasi Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI dengan Kementerian Federal untuk Transportasi, Inovasi dan Teknologi Austria, di Wina, Austria, pada Selasa (23/5/2018).

Kepala Grup Staf untuk Transfer Teknologi dan Riset Keamanan Germot Grimm mengatakan teknologi cable cars pada awalnya dipa‎kai untuk wisata ski, dapat aplikasikan menjadi transportasi publik. Penggunaan cable car untuk transportasi publik ini sudah dipakai di Meksiko.

"Di Jakarta, cable cars dapat diaplikasikan dengan menghubungkan antara gedung bertingkat," ujarnya kepada delegasi BKSAP yang dipimpin Juliari P. Batubara.

BKSAP DPR RI melakukan kunjungan kerja di Austria, dan salah satu agendanya adalah pertemuan dengan Kementerian Federal untuk Transportasi, Inovasi dan Teknologi.

Menurut Grimm, penggunaan cable cars ini relatif mudah dalam pelaksanaannya, salah satunya tidak memerlukan lahan khusus. Apalagi Jakarta sudah memiliki banyak gedung bertingkat.

Penggunaan cable cars ini merupakan salah satu poin yang diusulkan dalam rencana kerja sama sektor transportasi Indonesia dan Austria.

Dalam kunjungan Federal Minister Doris Bures ke Indonesia pada 2014, ditandatangani dua MoU yaitu hydro power dan sektor transportasi.

Di sektor transportasi, Austria mengajukan kerja sama dalam air traffic management, penggunaan cable car di area urban, monitoring lalu lintas, dan perkeretaapian. Austria merupakan salah satu negara yang memiliki sistem transportasi pub‎lik terbaik di dunia.

Tag : lalu lintas
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top