Libur Lebaran 2018: TPST Bantar Gebang Tetap Beroperasi

Fasilitas pengolahan sampah Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi tetap beroperasi selama libur dan cuti Idulfitri.
Regi Yanuar Widhia Dinnata | 13 Juni 2018 07:49 WIB
Sejumlah truk sampah DKI Jakarta antre memasuki Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Fasilitas pengolahan sampah Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi tetap beroperasi selama libur dan cuti Idulfitri.

“Semua personel divisi operasional dan administrasi tetap stand by dengan pengaturan jadwal piket, sehingga kegiatan pelayanan operasional di TPST Bantargebang tetap berjalan optimal,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji dalam siaran pers, Selasa (12/6/2018).

Menurutnya, TPST Bantar Gebang ini akan tetap beroperasi pada hari H Lebaran. TPST Bantar Gebang tetap membuka pelayanan di sebanyak 4 lokasi titik buang. Hal ini berdasarkan pengalaman empiris Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta yang terjadi pada tahun-tahun sebelumya bahwa truk sampah tetap giat mengosongkan Tempat Penampungan Sampah Sementara (TPS) di wilayahnya.

"Ini agar TPS dapat menampung sampah dengan kapasitas maksimal pada saat libur hari H dan H+1 lebaran,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Unit Pegelola Sampah Terpadu (UPST) Dinas LH DKI Jakarta, Asep Kuswanto, mengatakan pada hari H lebaran, pelayanan operasional TPST Bantar Gebang akan dihentikan sementara mulai pukul 04.00-12.00 WIB, karena jalan TPST Bantar Gebang digunakan oleh warga sekitar TPST Bantargebang untuk mengelar Salat Idulfitri.

“Namun, personel tetap siaga dan segera membuka pelayanan begitu selesai sholat Id. Hal ini dipastikan tidak akan mengganggu operasional pengelolaan sampah,” kata Asep.

Dia menjelaskan semua prasarana dan sarana di TPST Bantargebang juga tetap dioptimalkan kinerjanya seperti alat berat, truk penunjang operasional, pengolahan kompos, pengolahan air sampah, dan pemanfaatan gas metana. "Personel yang siaga dan tetap bertugas selama libur lebaran tidak kurang dari 300 orang per harinya," imbuhnya.

Tag : tpa bantar gebang, Mudik Lebaran 2018
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top